Find and Follow Us

Senin, 16 Desember 2019 | 00:54 WIB

"Nada Sousou" Tandai Kolaborasi Hiroaki Kato-Arina

Oleh : Aris Danu | Jumat, 29 November 2019 | 06:31 WIB
(Foto: Inilahcom/Aris DC)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Penyanyi asal Jepang, Hiroaki Kato merilis single baru berjudul "Nada Sousou". Ia berkolaborasi dengan vokalis grup band Mocca, Arina Ephiphania yang tak lain adalah istrinya.

Kolaborasi musik ini sekaligus menandai duet perdana mereka lewat karya musik setelah resmi menjadi pasangan suami istri. Keduanya menikah pada bulan Agustus lalu.

Hiroaki bercerita, "Nada Sousou" merupakan lagu tradisional dari Okinawa, Jepang. Ia dan Arina bekerja sama menerjemahkan lagu itu ke bahasa Indonesia.

"Kita translate dari bahasa Jepang ke Indonesia, supaya teman-teman orang Indonesia bisa menikmati lirik dan nadanya yang amat bagus," ungkap Hiroaki Kato di kantor Yoshimoto Indonesia, di kawasan Kemang Utara, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Hiro menambahkan, lagu ini rupanya sangat digemari Arina sehingga tidak ada kesulitan ketika keduanya membuat proyek musik kolaborasi.

"Ini juga jadi salah satu lagu kesukaan Arina juga. Kita sangat senang dan bangga juga ya, bisa punya versi Indonesia dari lagu ini," ujar Hiro.

Sementara itu Arina mengungkapkan lirik lagu tersebut sangat mendalam. Kisah di lagu itu menurutnya sangat mengharukan. Alasan itulah ia kemudian menyukai "Nada Sousou".

"Pencipta lagu ini memang dulu mendedikasikan lagu ini untuk kakaknya yang meninggal dunia. Jadi, kata 'Nada Sousou' itu artinya adalah air mata yang mengalir tanpa sadar. Maksudnya, ketika merindukan seseorang yang sudah tiada, tiba-tiba air matanya turun tanpa disadari gitu. Bagus," papar Arina.

Untuk menterjemahkan lagu ini ke dalam bahasa Indonesia, Hiro tidak merasa kesulitan. Terlebih ia sudah lama menetap dan berkarier di Indonesia.

"Yang lama itu persiapannya ya karena harus cerita dulu ke Arina tentang tema dan makna lagu ini, teus siapa pencipta lagu ini," ucap Hiro.

"Judul sengaja tidak kita ubah. Soalnya, kalau diterjemahkan jadi panjang, 'Air Mata yang Mengalir Tanpa Sadar'," timpal Arina.

"Nada Sousou" saat ini bisa didengarkan melalui berbagai platform musik digital, seperti Spotify, iTunes, dan JOOX. Sedangkan video klipnya juga sudah bisa disaksikan melalui YouTube. [adc]

Komentar

Embed Widget
x