Find and Follow Us

Senin, 16 Desember 2019 | 00:59 WIB

Ini Aksi Nyata Kunto Aji Kurangi Pemanasan Global

Kamis, 14 November 2019 | 22:23 WIB
Ini Aksi Nyata Kunto Aji Kurangi Pemanasan Global
facebook twitter

INILAH.COM, Sleman - Penyanyi Kunto Aji turut ambil bagian dalam upaya pelestarian alam mengingat pemanasan global semakin memprihatinkan. Salah satu aksi nyata yang dilakukannya adalah melakukan penanaman pohon untuk mengudangi dampak pemanasan global.

Aksi penanaman pohon dilakukan penyanyi asal Yogyakarta ini dikawasan situs purbakala Candi Ratu Boko, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan bernama Candi Darling itu diprakarsai oleh Djarum Foundation melalui program Siap Sadar Lingkungan (Siap Daling) itu menurut Kunto sangat tepat.

"Penting banget sih, karena sekarang pemanasan global memang isu yang sempat terlewatkan di satu generasi. Generasi kita yang harus mengubahnya untuk lebih menyadari itu ya," katanya disela penanaman pohon, baru-baru ini.

Kegiatan Siap Daling tersebut melibatkan 250 mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta. Momentum itu menurut Kunto tepat untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan kepada generasi milenial. Selain tanam pohon ia juga menyampaikan untuk mulai mengurangi pemakaian sampah plastik. Cara sederhana yang ia lakukan adalah dengan tidak memakai sedotan plastik.

"Karena sekarang di Jakarta sudah banyak banget restoran yang tidak menggunakan sedotan, terus pembelian sedotan yang besi itu sudah sangat mudah sekali, jadi paling dekat itu," ujar pelantun Terlalu Lama Sendiri itu.

Terkait gerakan mengurangi sampah plastik, penyanyi jebolan Idol ini sudah melakukannya sejak dua tahun silam.

"Efeknya saya rasa akan dirasakan. Kalau di saya mungkin kecil tapi ketika itu diakumulasi semakin banyak orang yang tidak menggunakan sedotan dan sampah plastik, pastinya akan lebih baik untuk bumi kita," pungkasnya.

Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji menuturkan, gerakan Siap Darling mengajak generasi milenial untuk tak hanya sekedar peduli, namun terlibat langsung dalam melakukan aksi nyata, bergerak bersama-sama dan mengejar mimpi masa depan tanpa menambah jejak-jejak kerusakan pada bumi.

"Prakarsa Siap Darling melalui program Candi Darling merupakan langkah nyata dalam menggerakkan generasi milenial khususnya mahasiswa agar lebih peduli terhadap lingkungan. Program ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan bangga dikarenakan mereka turut berperan serta menghijaukan situs-situs warisan sejarah bangsa Indonesia serta menularkan kebiasaan baik ini di masyarakat luas. Harapan jangka panjang adalah langkah ini akan menciptakan ekosistem lingkungan yang berkelanjutan," ungkap FX Supanji.

Lewat kegiatan FX Supanji menambahkan, melalui Candi Darling di Situs Ratu Boko diharapkan bisa menciptakan kawasan situs sejarah yang teduh, asri dan semakin cantik sehingga bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di masa mendatang. Di lain sisi, kegiatan ini juga berupaya menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap warisan sejarah bangsa Indonesia. [adc]

Komentar

Embed Widget
x