Find and Follow Us

Rabu, 23 Oktober 2019 | 23:33 WIB

Festival Film YouTube Menantang Filmaker Adu Bakat

Sabtu, 14 September 2019 | 07:13 WIB
Festival Film YouTube Menantang Filmaker Adu Bakat
(Foto: Inilahcom/Aris DC)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Sosial media kini menjadi platform baru di era digital untuk unjuk kreatifitas dan bakat. Tak terkecuali di bidang perfilman, sehingga lahir ajang Film YouTube Festival 2019 untuk mewadahi kreatifitas filmaker.

Ajang adu bakat di bidang perfilman lewat platform Youtube ini digagas oleh komunitas pegiat kreatif dan produksi film lewat, Karya Bintang Bersama.

Ketua pelaksana sekaligus direktur Karya Bintang Bersama, Irwansyah mengatakan, saat kreatifitas anak muda atau milenial di bidang perfilman begitu tinggi. Hal itu terlihat dari banyaknya film yang diunggah lewat media sosial.

"Hal itu mendorong kami untuk menyelenggarakan Film You Tube Festival 2019. Kami harap ajang ini bisa menjadi peluang bagi mereka pecinta seni film mengadu kreatif, sekaligus menguji kemampuan dalam hal memproduksi dan membaca selera penonton di YouTube. Ini adalah pertama kali diadakan lomba festival film YouTube," ungkap Irwansyah dalam keterangannya, di Jakarta, baru-baru ini.

Ajang ini terbuka untuk umum dengan durasi tidak kurang dari 10 menit dan tidak lebih dari 15 menit. Semua film yang ikut dan mendaftar di festival ini harus lengkap dengan sinopsis, pemain dan kru.

"Juara terpilih kami bagi dua yaitu sebagai viewer terbanyak dan sebagai film favorit dalam bentruk trailer film dengan 'like' terbanyak di channel Youtube," papar Irwansyah.

Sementara itu, pegiat perfilman nasional Syamsul Adnan yang dilibatkan sebagai panitia mengatakan, materi cerita harus original dan genre bebas.

"Belum pernah tayang di YouTube, tidak porno, tidak sadisme dan tidak sara. Kami terima sampai 2 November," terang Syamsul.

Kompetisi yang bertajuk Koffie SLB Film YouTube Festival 2019 ini juga melibatkan Lembaga Sensor Film (LSF), Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kemendikbud. Pihak penyelenggara telah menyiapkan hadiah berupa uang tunai puluhan juta rupiah serta hadiah lainnya berupa kamera, boom mic, laptop dan lainnya. [adc]

Komentar

Embed Widget
x