Find and Follow Us

Rabu, 23 Oktober 2019 | 23:43 WIB

Film Pendek

Green Religion, Pesan Tentang Agama dan Lingkungan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 11 September 2019 | 16:35 WIB
Green Religion, Pesan Tentang Agama dan Lingkungan
Adi Putra - (Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Apakah ada hubungannya antara agama dengan menjaga lingkungan?

Pada film pendek berjudul Green Religion hasil karya besutan Adi Putra dengan temannya, Ade Kurniadhi, menceritakan dengan gamblang pengaruh agama dengan menjaga lingkungan.

Film yang berdurasi 14 menit tersebut, adalah film dokumenter dengan biaya yang tidak besar, namun memiliki pesan yang sangat mendalam. Terlihat narasi besar tentang peran agama dalam menanggulangi global warming.

Film Green Religion (2007), terekam kenyataan bahwa isu global warming belumlah populer menjadi materi dakwah kalangan pemuka agama di Indonesia dibandingkan dengan peringatan-peringatan tentang hari akhir, implikasi perbuatan dosa manusia, atau tentang surga dan neraka.

Dampak global warming sudah sangat begitu terasa. Perubahan iklim yang tak menentu, udara yang sangat kotor sudah begitu mengganggu.

"Saya tinggal di Jakarta. Saya tidak bisa bilang kalau cuaca Jakarta itu indah. Kalau dibandingkan Jakarta, saya senang sekali melihat De Tjolomadoe (Solo). Tamannya bersih, kayak dijaga, udaranya bersih, hening. Kita kayak nggak punya arena outdoor kayak gini di Jakarta," kata Adi Putra, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Rabu, (11/09/2019).

Adi Putra adalah generasi muda asal Indonesia yang pada Agustus 2019 lalu, dinobatkan sebagai peraih Ikon Prestasi Pancasila 2019 dalam bidang seni kreatif.

Adi Putra bersama 73 tokoh lainnya mendapat Ikon Prestasi Pancasila dari Pemerintah lewat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Adi Putra merupakan seorang forografer dan sutradara muda yang karya-karyanya mendapat sambutan yang positif di luar negeri. Nama Adi Putra juga sempat membuat heboh karena film pendeknya berjudul Adam diputar di Festival Film Internasional Cannes ke-65 tahun 2012 di Palais des Festival, Cannes, Perancis. Karya-karya Adi banyak terekam di akun instagramnya @adipvtr.(tka)

Komentar

Embed Widget
x