Find and Follow Us

Selasa, 17 September 2019 | 15:02 WIB

Kocak, Om Jin Versi Indonesia Ciptakan Superhero

Selasa, 27 Agustus 2019 | 00:31 WIB
Kocak, Om Jin Versi Indonesia Ciptakan Superhero
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Aktor sekaligus bintang iklan, Totos Rasiti yang biasa wara wiri dalam iklan televisi dengan pakaian adat khas daerah lebih dikenal dengan sebutan om jin sejak beberapa tahun belakangan ini.

Sejak muncul dengan karakter om jin pada 2009 dalam sebuah iklan di televisi, ia selalu mengundang tawa. Ia selalu punya solusi nyeleneh dalam mengabulkan permintaan orang. Seperti baru-baru ini, sosok yang kerap dipanggil om jin ini hadir lagi dalam versi terbaru yang mengangkat tema tentang pahlawan super alias superhero.

Dalam video iklan versi terbaru yang beredar di platform YouTube, sosok om jin hendak mengabulkan permintaan dari seorang pria bersama pasangannya yang baru selesai nonton film di bioskop. Terinsipirasi sosok superhero di film, tanpa pikir panjang, si pria langsung minta agar dirinya dijadikan seperti superhero yang punya kekuatan super.

Seperti biasa, sosok jin yang pernah muncul dalam iklan Djarum 76 ini punya interpretasi kocak terhadap permintaan bos barunya ini. Alih-alih superhero gagah, ia malah mengubah pria tersebut menjadi sosok yang menggelikan. Rupanya jin mengubah pria itu menjadi mahluk berfisik seperti seekor kera namun mengenakan body armour layaknya superhero ala film Hollywood. Superhero ini malah lebih mirip sosok fiktif kera sakti nakal dalam legenda Tiongkok, hanya saja dengan tampilan yang modern.

Alhasil, buah karya jin kali ini membuat banyak orang terpingkal-pingkal. Iklan yang diunggah di YouTube oleh akun Glow Films Jakarta selaku production house, kolom komentarnya dipenuhi reaksi netizen yang merasa geli dan tertawa dengan ulahnya. Salah satu komentar datang dari netizen bernama Limpo Siregar yang tak berhenti tertawa usai melihat iklan tersebut.

"Ini iklan bikin gue sama penonton-penonton di bioskop ketawa terbahak-bahak, gara-gara dia ingin jadi superhero tetapi enggak kesampaian. Apalagi pas muncul iklan ini di televisi, geli banget ngeliatnya," tulis netizen.

Viralnya iklan jin ini ditanggapi Totos Rasiti yang merasa terapresiasi dengan komentar positif netizen. Sosok yang menggeluti dunia peran sejak berkuliah di Institut Kesenian Jakarta ini mengatakan sesungguhnya ada pesan dan makna tersirat dalam setiap cerita yang diangkat dalam iklan tersebut.

Terlepas dari aksi jin yang kocak, menurut Totos, ada kritik sosial yang dapat dimaknai secara positif oleh masyarakat. Demikian halnya dengan interpretasi superhero yang diangkat dalam versi kali ini, punya kaitan dengan isu sosial yang berkembang di masyarakat.

"Sekarang ini banyak orang pengin jadi pahlawan, padahal realitasnya sebenarnya tidak mendukung hal itu. Misalnya di tengah ramainya isu politik belakangan ini, banyak orang yang tiba-tiba ingin ngurusin negara, tiba-tiba ingin jadi superhero. Tetapi kenyataannya berbeda. Akhirnya cuma jadi bahan lelucon aja. Tindakan orang yang ingin jadi superhero ini malah jadi bahan ketawaan orang," ungkap Totos Rasiti dalam keterangan tertulis.

Selain itu, pada bagian penutup iklan, selalu ada slogan "Yang Penting... Heppiii" yang dilontarkan oleh jin. Menurut Totos, ada semangat positif yang ingin disampaikan kepada masyarakat dibalik slogan tersebut.

Sementara pria yang juga berprofesi sebagai acting coach ini mengatakan, dalam perannya selama 10 tahun lebih sebagai sosok jin, membuat dirinya semakin lepas dalam mengeksplorasi karakter jin yang lucu dan punya kultur guyonan khas Nusantara. Tak heran banyak kelucuan dalam iklan yang sebetulnya adalah aksi spontan Totos saat syuting. [adc]

Komentar

Embed Widget
x