Find and Follow Us

Rabu, 23 Oktober 2019 | 23:49 WIB

Andovi Da Lopez Gemakan Cinta Lingkungan

Oleh : Aris Danu | Senin, 19 Agustus 2019 | 21:43 WIB
Andovi Da Lopez Gemakan Cinta Lingkungan
facebook twitter

INILAHCOM, Ngawi - Kemarau panjang yang mengakibatkan kekeringan di beberapa daerah di Tanah Air belakangan ini menjadi keprihatinan bersama. Tak terkecuali bagi Andovi Da Lopez yang didapuk menjadi duta lingkungan oleh Djarum Foundation.

Berlokasi di Benteng Van Den Bosch, Ngawi, Jawa Timur, aktor sekaligus Youtubers ini mengajak generasi muda atau milenial untuk melakukan aksi nyata merawat bumi tempat kita berpijak dengan menanam pohon. Aksi nyata itu merupakan rangkaian dari program Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) dengan mengajak 248 mahasiswa dari berbagai kampus di Ngawi, Madiun, Solo dan sekitarnya. Mereka diajak terjun langsung menanam berbagai jenis pohon di objek wisata yang kini menjadi cagar budaya peninggalan zaman Belanda tersebut.

"Menurut saya sangat penting (kegiatan ini), karena kalau bukan generasi milineal siapa lagi. Saya 25 tahun, dan generasi di bawah saya yang sebenarnya lebih penting. Karena mereka yang akan meneruskan generasi selanjutnya," kata Andovi usai menamam kembang merak di kawasan yang dikenal dengan nama Benteng Pendem itu, Senin (19/8/2019).

Pada kesempatan itu, bintang film Dilan 1991 ini bersama ratusan mahasiswa melakukan seremonis penanaman sebanyak 130 pohon dan tanaman berbunga. "Nanti, 5 tahun mendatang lokasi wisata ini akan teduh dan sejuk. Selain lingkungannya terjaga wisatawan juga jadi betah ke sini," ujarnya.

Sementara itu, Mutiara Diah Asmara selaku Direktur Komunikasi Djarum Foundation mengatakan, aksi tanam pohon tersebut sebagai wujud nyata menyadarkan generasi milenial cinta lingkungan.

"Saya melihat bahwa generasi milenial memiliki semangat besar untuk menjaga dan merawat lingkungan. Semangat dan motivasi inilah yang kemudian diimplementasikan melalui gerakan Siap Darling," ujar Mutiara.

Andovi Da Lopez bersama Siap Darling dan Balai Pelestarian Cagar Budaya berkomitmen untuk terus menghijaukan berbagai situs budaya di Indonesia. Sebelumnya penghijauan sudah lebih dulu dilakukan di Candi Prambanan, Yogyakarta pada akhir Juni lalu.

Komentar

x