Find and Follow Us

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 06:09 WIB

Paduan Suara UNY Berjaya di Hong Kong

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 19 Juli 2019 | 17:40 WIB
Paduan Suara UNY Berjaya di Hong Kong
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kali pertama mengikuti World Youth and Childrens Choir Festival (WYCCF 2019), Paduan Suara Wadhana Universitas Negeri Yogyakarta (PSM UNY) berjaya di Hong Kong.

UNY Menunjukkan kehebatannya saat membawakan lagu berjudul Atsalums (keadaan dingin) dari Latvia dan meraih juara satu dalam babak Grand Prix di Tsuen Wan Town Hall, 17 Juli 2019 yang turut disaksikan oleh wakil KJRI Hong Kong.

Babak puncak tersebut diikuti oleh para juara masing-masing kategori dari Rusia dan Tiongkok.

Gelar juara Grand Prix itu menyempurnakan capaian PSM UNY di WYCCF 2019 setelah turut memenangkan 4 kategori lainnya, termasuk penghargaan Konduktor terbaik yang diraih oleh Lukas G.A. Rakasiwi, mahasiswa pascasarjana UNY sekaligus pelatih PSM UNY.

Beranggotakan 39 penyanyi, 1 konduktor dan 6 orang dosen serta staf pendamping, Tim PSM UNY berjuang mengharumkan nama Indonesia dengan bersaing dari paduan suara berbagai negara, seperti Filipina, Amerika Serikat, dan Kanada.

Mengenakan kostum dengan nuansa etnis Nusa Tenggara, penampilan olah vokal PSM UNY semakin memukau para juri yang sebagian besar merupakan profesor di bidang seni musik dari berbagai negara.

Berikut daftar lengkap kategori juara yang dimenangkan oleh PSM UNY:

- Winner Choir of the World 7th WYCCF Hong Kong 2019 (Grand Prix)

- Champion of Mixed Youth Choir Category (Platinum Medal)

- Champion of Folklore Category (Gold Medal)

- Musical Connection Audience Award I

- Outstanding Conductor Award

Mengikuti kompetisi internasional di luar negeri memberikan tantangan tersendiri bagi UNY PSM.

Salah satunya adalah kesulitan mendapatkan tempat berlatih karena keterbatasan tempat menginap di Hong Kong.

Karena itu, KJRI Hong Kong menyediakan tempat berlatih kepada Tim PSM UNY sehingga dapat mempersiapkan diri secara maksimal.

"Kami sangat berterima kasih kepada KJRI Hong Kong atas dukungannya kepada PSM UNY karena telah memberikan bantuan tempat latihan", ujar Pujiwiyana, M.Pd., dosen pembina UNY, seperti yang dikutip dari siaran pers, Kamis, (17/07/2019).

Acting Konsul Jenderal RI Hong Kong, Mandala S. Purba, menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangganya atas prestasi Tim PSM UNY sekaligus mengharapkan agar prestasi tersebut kiranya dapat menjadi motivasi untuk terus prestasi lebih baik ke depannya.

Dalam rangka persiapan menghadapi WYCCF 2019 di Hong Kong yang berlangsung pada 1318 Juli, Tim PSM UNY berlatih secara intensif selama 6 bulan sebelumnya.

Selain lagu asing asal Latvia, PSM UNY turut membawakan lagu nusantara berjudul Benggong dari Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Ke depannya, PSM UNY mengharapkan dukungan dari berbagai pihak, khususnya Rektorat UNY, agar dapat mengikuti kompetisi internasional.

Sebelumnya, PSM UNY juga pernah meraih gelar juara dalam kompetisi paduan suara internasional di Bali dan Thailand pada 2017 dan 2018.(tka)

Komentar

Embed Widget
x