Find and Follow Us

Senin, 14 Oktober 2019 | 21:34 WIB

Pidi Baiq Bersyukur Bisa Kembali ke ITB

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 16 Juli 2019 | 17:05 WIB
Pidi Baiq Bersyukur Bisa Kembali ke ITB
Pidi Baiq
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pidi Baiq bersyukur, bisa kembali menginjakkan kaki ke Institut Teknologi Bandung (ITB) saat syuting film Koboy Kampus.

Sebab, di kampus itu, banyak kreativitasnya muncul. Seperti pembentukan The Panasdalam dan istilah Koboy Kampus yang dikenal di lingkungan ITB.

Film Koboy Kampus, menceritakan tentang sekelompok mahasiswa yang sibuk beraktivitas lain selain belajar dan mengikuti jadwal perkuliahan. Meski demikian, tidak mengurangi rasa kreativitas mereka untuk berkarya. Bahkan kemudian tercetus pembentukan The Panasdalam bank yang kemudian dijadikan negara fiktif.

Hal tersebut sebagai bentuk protes para mahasiswa di ITB saat itu terhadap pemerintahan orde baru. Pidi dan teman-temannya, lebih memilih untuk mengkritisi pemerintahan saat itu melalui ide-ide konyol, daripada turun ke jalan ikut berdemonstrasi.

"Pas kembali ke ITB, yang nggak berubah bangunan lama ITB. Kalau mahasiswanya berubah, bukan mahasiswa yang dulu lagi," ujar Pidi Baiq, baru - baru ini.

Dalam film tersebut, Pidi Baiq berperan sebagai seorang sutradara. Ia dibantu Tubagus Deddy, juga untuk menjadi sutradara sekaligus penulis skenarionya. Menurut Pidi, syuting film Koboy Kampus tidak memakan waktu lama, hanya saat editing, ia perlu waktu agar hasilnya maksimal.

"Syutingnya memakan waktu satu bulan kurang lebih. Nah, ngeditnya yang agak lama, soalnya nggak gampang menurut kami," urai Pidi Baiq.

Meski film tersebut bercerita tentang kehidupannya bersama teman-teman saat menjalani perkuliahan di kampus ITB di era 90-an, Pidi Baiq tidak melihat kesamaan wajah dengan pelaku aslinya untuk pemilihan pemain.

"Memilih orang untuk menjadi pemeran Pidi di Koboy Kampus dan juga untuk menjadi pemeran lain, tidak mengacu pada apa yang dilihat dari wujudnya, tetapi lebih menitikberatkan pada isi ceritanya. Atau bagaimana, saya merasa begitu," terang Pidi Baiq.

Film Koboy Kampus yang disutradarai Pidi Baiq dan Tubagus Deddy merupakan film hasil kerjasama MNC Pictures dan 69 Production. Film tersebut dijadwalkan tayang di seluruh bioskop Tanah Air pada 25 Juli 2019.(tka)

Komentar

Embed Widget
x