Find and Follow Us

Senin, 14 Oktober 2019 | 21:24 WIB

Regenerasi Musik Jazz Cukup Baik

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 24 Juni 2019 | 06:35 WIB
Regenerasi Musik Jazz Cukup Baik
(Foto: inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Perkembangan musik semakin lama membaik. Hal ini diukur dari banyaknya musisi dan penyanyi muda di jalur musik Jazz banyak berdatangan.

Sebut saja Andien Aisyah, Tulus, Kunto Aji, Monita, Citra Scholastika, dan masih banyak lagi penyanyi muda berbakat tanah air yang kerap malang melintang di dunia musik Jazz dan juga mengisi festival musik Jazz.

Menurut pengamat musik Dion Momongan, geliat musik Jazz kini menunjukkan perkembangan positif. Hal yang menyenangkan menurutnya adalah adanya bermunculan musisi muda, bibir baru yang berbakat.

"Artinya, memberikan indikasi bahwa regenerasi berjalan dengan cukup baik," kata Dion kepada INILAHCOM, Jakarta, Minggu, (23/06/2019).

Penyelenggara festival Jazz, North Sumatra Jazz Festival Medan, sejak 2011 itu juga menjelaskan, sepeninggalan musisi legenda sekelas Ireng Maulana, musik Jazz di Indonesia masih berjalan dengan baik.

Sosok Ireng Maulana pun tidak luput menjadi salah satu penggerak atau motor utama musik Jazz.

"Beliaulah yang lantas menggagas Festival Jazz di Indonesia lewat JakJazz, yang pertama kali di 1988 di Taman Impian Jaya Ancol itu. Syukurlah, tak hanya oom Ireng yang lantas menggerakan kehidupan Jazz di Indonesia," tambahnya.

Kini, festival musik Jazz kian menjamur. Panggung - panggung acara pun kerap disisipkan musik - musik Jazz untuk para pecinta musik Jazz di kalangan millenial.

"(Kehidupan musik Jazz semakin berkembang), baik itu festival, panggung - panggung (acara - acara) sampai rekaman. Artinya, sepeninggal oom Ireng, Jazz di Indonesia tetap hidup dan berjalan dengan baik," paparnya. (tka)

Komentar

Embed Widget
x