Find and Follow Us

Selasa, 22 Oktober 2019 | 14:08 WIB

Sambut Lebaran, Ustad Solmed Kenalkan Grup Gambus

Selasa, 28 Mei 2019 | 12:38 WIB
Sambut Lebaran, Ustad Solmed Kenalkan Grup Gambus
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Ustad Soleh Muhammad atau yang akrab disapa Ustad Solmed memperkenalkan grup musik gambus bernama The Sultan Gambus. Grup musik ini dibentuk sebagai sarana syiar bagi dirinya.

"Ini cita-cita saya hampir setahun. Saya berharap bisa membawakan lagu religi ini agar bisa ingat pada Allah. Salawat dengan syair dan syiar mengingat kepada nabi ini hijrah buat saya. Hijrah bukan sesaat tapi ini hijrah sampai meninggal," kata Ustad Solmed di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Menurut Solmed, membentuk grup musik gambus bukan perkara mudah. Suami April Jasmine ini bahkan sempat merasa putus asa ketika mencari vokalis dan personel gambus ini.

"Ternyata enggak semudah yang saya bayangkan, saya hampir putus semangat. Sampai kemudian saya buka audisi siapa yang jadi personel dan vokalis," ujarnya.

Solmed bercerita, sang vokalsi Delila ia temukan saat berdakwah di salah satu SMA. Ketika itu dirinya mendapati ada salah satu siswa di sana yang merupakan jebolan ajang pencarian bakat menyanyi.

"Dia (Lia) ini jebolan The Voice, dia mau nemenin The Sultan. Waktu itu kita juga perlu vokalis khusus langgam Timur Tengah untuk salawat. Waktu itu Didin datang dan merekomendasikan Lia. Dia juara 9 D'Academy," paparnya.

Setelah terbentuk satu persatu, grup musik ini kemudian dinamai The Sultan yang beranggotakan Nurmaliya alias Lia (vokalis), Mujahidin atau Didin (keyboardist), Gunawan (gitaris), Abdul Aziz (drummer) dan Rahman (biola). Mengawali karyanya, The Sultan merilis single berjudul "Kembali Fitri" untuk menyambut lebaran 2019.

"Ini lagu orisinil perdana The Sultan berjudul Kembali Fitri. Ceritanya tentang maaf-memaafkan, saling meridhoi, akhirnya kita tuangkan ke lagu," kata Ustad Solmed.

Komentar

x