Find and Follow Us

Minggu, 21 Juli 2019 | 18:35 WIB

Ananda Sukarlan Konser Piano Tunggal Akhir Maret

Oleh : Aris Danu | Minggu, 17 Maret 2019 | 16:50 WIB
Ananda Sukarlan Konser Piano Tunggal Akhir Maret
(Foto: Istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Komponis sekaligus pianis kenamaan Indonesia Ananda Sukarlan akan menggelar konser piano tunggal yang didedikasikan untuk perbaikan politik Indonesia.

Konser yang akan dihelat pada 29 Maret 2019 ini berjudul "Dari Jokowi - PSI - Hingga Broadway". Secara khusus Ananda mempersembahkan konsernya kali ini untuk Presiden Jokowi, serta untuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Saya ingin menyumbang sesuatu buat perbaikan politik. Karena saya bisanya main piano, makanya saya bikin konser untuk Jokowi dan PSI. Jokowi presiden yang luar biasa, sementara PSI itu partai harapan saya untuk memperbaiki politik Indonesia yang sedang ruwet," kata Ananda Sukarlan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/3/2019).

Pada konser ini, Ananda menggandeng Mariska Setiawan, soprano muda asal Surabaya. Ia akan tampil membawakan beberapa lagu Broadway terkenal seperti "On My Own" dari Les Miserables, "I Have Confidence" dari The Sound of Music, dan lain-lain.

Mariska Setiawan akan diiringi oleh Ananda Sukarlan, yang juga akan memainkan beberapa karya solonya yang telah mendunia, Rapsodia Nusantara.

Pada Juli nanti, lewat program "Passport to Broadway Worldwide", Mariska Setiawan mendapatkan beasiswa penuh untuk summercourse di Broadway, New York City. Ia lolos setelah mengalahkan hampir 700 kandidat lain dari Indonesia. "Passport to Broadway Worldwide" adalah program audisi ke berbagai negara, mencari bakat besar baru untuk Broadway musicals yang merupakan panggung terbesar di dunia untuk genre musik ini.

Kerjasama Mariska dengan Ananda Sukarlan bukan kali ini saja, sebelumnya Mariska pernah tampil menjadi peran utama dalam opera "Saidjah & Adinda" yang diangkat berdasarkan kisah klasik Douwes Dekker dan "Laki-Laki Sejati" dari naskah Putu Wijaya. Kedua musiknya diciptakan oleh Ananda Sukarlan.

Selain Mariska, konser ini juga menampilkan aksi vokalis Giring Ganesha, yang akan membawakan satu lagu populer.

Ananda Sukarlan telah menulis serangkaian Rapsodia Nusantara, semua berdasarkan berbagai melodi lagu rakyat dari seluruh Indonesia. Ananda terinspirasi oleh komponis Hungaria Franz Liszt yang, pada abad ke-19, menulis 19 nomor Hungarian Rhapsodies yang sangat terkenal . Serial Rapsodia Nusantara kini telah menjadi favorit di antara pianis klasik di seluruh dunia, seperti yang dapat dilihat di berbagai video di youtube atau vidio.com. Mereka secara efektif memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia melalui media yang tersedia secara standar, dari ruang konser hingga di dalam rumah, yaitu piano, raja dari semua instrumen.

Ananda juga adalah seorang aktivis kebudayaan yang telah mempopulerkan musik klasik di Indonesia, serta membawa musik klasik Indonesia ke dunia internasional.

Ananda Sukarlan merupakan penerima penghargaan budaya tertinggi di negeri ini, "Anugerah Kebudayaan RI" pada tahun 2015. Ia juga pernah menjadi Brand Ambassador beberapa piano serta Key Influencer untuk Greenpeace melalui videonya di mana ia tampil di atas kapal Rainbow Warrior, dan beberapa produk Indonesia. Pendidikan musiknya adalah di Royal Conservatory of Den Haag, lulus dengan Summa Cum Laude, dan sekarang Ananda juga seorang aktivis yang berkampanye tentang Asperger's Syndrome yang diidapnya sejak lahir. Sebuah buku tentang biografinya dan Sindrom tersebut berjudul "A.S." akan diterbitkan pada bulan Mei 2019, yang menjadikannya buku pertama dengan tema autisme dalam bahasa Indonesia dan oleh penerbit Indonesia. [adc]

Komentar

Embed Widget
x