Find and Follow Us

Sabtu, 25 Mei 2019 | 17:13 WIB

Heboh Film Dilan 1991

Max Pictures Sesalkan Tayangan Iklan Shopee

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 12 Maret 2019 | 16:05 WIB
Max Pictures Sesalkan Tayangan Iklan Shopee
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ody Mulya Hidayat, produser film Indonesia, mengaku terkejut ketika melihat iklan komersial Shopee yang begitu mirip dengan karakter Dilan dan Milea.

Dia pun melayangkan permohonan untuk Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dan Kepala Bekraf, Triawan Munaf untuk melindungi karya film anak bangsa.

"Dalam tiga minggu terakhir telah beredar sebuah video iklan Shopee berjudul Dilon 2019. Pada video tersebut terdapat sangat banyak kemiripan dengan atribut khas dari seri film Dilan, yang bagian keduanya (berjudul Dilan 1991) sekarang masih ditayangkan di bioskop," kata Ody saat ditemui di Jakarta, Selasa, (12/03/2019).

Masih menurutnya, sampai bentuk font yang digunakan untuk penulisan judul dalam video iklan tersebut juga sangat mirip dengan yang digunakan pada seri film Dilan.

"Dapat jelas menghubungkan atribut khas pada video iklan Dilon 2019 adalah didasarkan pada seri film Dilan," tambahnya.

Sebagai pemilik sah dari Hak Cipta atas seri film Dilan, produser Max Pictures tersebut hendak meminta perlindungan akan Hak Cipta tersebut terhadap penggunaan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang, seperti yang telah dilakukan oleh Shopee.

"Pemakaian atribut khas yang sangat mirip tersebut dilakukan tanpa izin atau persetujuan dari Max Pictures. Kami sangat menyayangkan bahwa perusahaan internasional sekelas Shopee yang dapat mengontrak grup KPop ternama, memilih untuk tidak menghargai Hak Cipta anak bangsa Indonesia sebagai materi iklannya," katanya.

Ody menegaskan, pihaknya menghimbau agar Shopee ditindak tegas agar tidak memberi peluang kepada kejadian sejenis ini supaya tidak terulang kembali di Indonesia.(tka)

Komentar

Embed Widget
x