Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Januari 2019 | 02:43 WIB

Makara Art Center Siap Cetak Seniman Berkualitas

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 10 Desember 2018 | 18:15 WIB

Berita Terkait

Makara Art Center Siap Cetak Seniman Berkualitas
(Foto: Inilahcom/Mia Umi Kartikawati)

INILAHCOM, Depok - Banyaknya Seniman di Indonesia tidak terhitung jumlahnya. Jumlah Seniman yang tersedia tidak berbanding lurus dengan ketersediaan tempat menyalurkan seni yang dimiliki.

Karena itu, Makara Art Center disiapkan untuk menjadikan para peserta didik di Universitas Indonesia (UI) untuk menjadi menjadi lulusan yang cerdas dan bernurani. Tidak hanya unggul dalam hal akademik, para mahasiswa juga bisa meningkatkan kemampuan soft skill dalam berupa seni.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia, Prof. Dr. Bambang Wibawarta Bambang menjelaskan ini menjadi salah satunya pendukung dari membentuk kualitas para mahasiswa.

"Seni adalah bagian dari kebudayaan. Disini adalah tempat untuk mengapresiasi kesenian Dan menjadi media untuk proses belajar seni bagi para mahasiswa," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia, Prof. Dr. Bambang Wibawarta, Depok, Senin, (10/12/2018).

Terdiri dari lima lantai, Makara Art Center akan menjadi salah satu tempat yang dapat menampung 415 Kursi penonton. Dengan kualitas akustik yang baik karena ini dirancang untuk pertunjukkan yang terkait dengan musik.

Kemudian Terdapat juga galeri yang terdiri dari dua lantai. Bisa memuat sampai 100 lukisan yang besar - besar.

"Ada juga ruangan yang dikhususkan untuk workshop kesenian dan peran. Ini dilengkapi kaca - kaca," ujar Kepala Makara Art Center, Iswahyudi Soenarto.

Prof.Dr.Ir. Muhammad Anis, M.Met Rektor Universitas Indonesia menjelaskan, Fasilitas kesenian tersebut harus digunakan dengan maksimal.

"Targetnya adalah dengan mengoptimalkan penggunaan untuk kegiatan seni yang bermanfaat bagi para mahasiswa.
Fasilitas ini sangat baik untuk para mahasiswa untuk mengeksplorasi kemampuan seni. Gedung ini didesain oleh Ridwan Kamil," kata Muhammad Anis.

Grand Launching Makara Art Center diselenggarakan di Auditorium Makara Art Center, kampus UI Depok, Senin, 10 Desember 2018, pukul 18.00 sampai selesai. Pada kesempatan ini ditampilkan pertunjukan dari Indonesian National Orchestra (INO) pimpinan Franki Raden, Ph.D.

Menurut Iswahyudi, pemilihan INO sebagai pengisi acara dengan pertimbangan, bahwa dari segi estetika, Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan budaya musik hampir tidak terbatas.

Ragam bahasa musik Nusantara telah berkembang selama sedikitnya 3.000 tahun sehingga mampu menghasilkan bentuk-bentuk estetika musik yang sangat kokoh di wilayah budaya kita masing-masing. Kekayaan bahasa estetika ini yang menjadi sumber dari lahirnya Indonesian National Orchestra atau INO, sehingga saya yakin bahasa dan karya-karya musik yang akan lahir dari INO tidak akan pernah kering dan selalu akan membawa pembaharuan. Dalam konteks inilah INO akan siap untuk bersaing di panggung internasional dengan orkes-orkes ternama manapun, ujar Iswahyudi Soenarto.

Iswahyudi menambahkan, INO akan menjadi produk budaya khas Indonesia yang memiliki nilai jual dan ekspor sangat tinggi karena keunikannya. Dengan nilai jualnya ini INO diharapkan akan menjadi sebuah orkestra profesional yang dapat menghidupi para pemainnya secara finansial.

Di samping itu, INO juga akan bekerja keras untuk menjadi produk unggulan industri kreatif Indonesia yang dapat bersaing di pasar musik internasional.

Dalam konteks ini, INO saya harapkan akan dapat menjadi wadah bagi para pemusik Indonesia yang kreatif dan jenius untuk tampil berlaga dalam gedung-gedung konser yang bertebaran di benua Eropa, Amerika, dan Asia-Pasifik, tutup Iswahyudi.(tka)

Komentar

x