Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 11 Desember 2018 | 08:43 WIB

Polisi Akan Periksa Via Vallen Soal Kosmetik Palsu

Kamis, 6 Desember 2018 | 18:20 WIB

Berita Terkait

Polisi Akan Periksa Via Vallen Soal Kosmetik Palsu
Via Vallen - (Foto: istimewa)

INILAH.COM, Jakarta-Nama pedangdut Via Vallen masuk dalam daftar artis yang menerima endorse dari kosmetik ilegal bermerek DSC (Derma Skin Care) Beauty. Terkait itu, penyidik Polda Jatim bakal memeriksa Via Vallen.

"Via Vallen akan diperiksa, selanjutnya Nella Kharisma dan menyusul artis-artis lainnya," kata Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis (6/12/2018), seperti dikutip Sindonews.

Sebelumnya polisi menyebut ada enam nama artis yang terkait dengan endorse kosmetik palsu tersebut. Pemeriksaan terhadap para artis akan dilakukan untuk mengetahui sejauh mana keterlibatan mereka dalam kasus kosmetik palsu tersebut. Menurut informasi, para artis tersebut mendapat bayaran endorse sebesar Rp7-15 juta dari Kartika Indah Lestari (KIL) yang kinis ditetapkan tersangka. Bayaran para artis diterima setiap pekan setelah mempromosikan lewat media sosial.

Hingga saat ini, penyidik Direktorat Kriminal Khusus Polda Jatim terus melakukan pemeriksaan terhadap KIL yang merupakan pembuat kosmetik oplosan merek Derma Skin Care Beauty.

Sekedar informasi, omzet tersangka dari penjualan kosmetik ilegal mencapai Rp300 juta per bulan. Praktik ini sudah berjalan selama dua tahun. Bahan kosmetik yang digunakan tersangka merupakan campuran dari sejumlah merek terkenal. Antara lain, Marcks Beauty Powder, Mustika Ratu, Sabun Papaya, Vivo Lotion, Vasseline, Sriti dan lain-lain.

Wilayah peredaran kosmetik ilegal sudah meluas ke sejumlah daerah di luar Kediri dan Surabaya. Bahkan, diduga sudah beredar di beberapa kota besar seperti Jakarta dan kota-kota lainnya.

Polisi menetapkan tersangka karena terbukti melanggar Pasal 197 jo Pasal 106 ayat (1) Undang-Undang (UU) Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Selain mengamankan tersangka, polisi juga menyita ratusan produk kecantikan ilegal bermerek DSC tersebut sebagai barang bukti.

Komentar

Embed Widget
x