Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 19:29 WIB

Ruben Onsu Ajukan Gugatan Soal Merek Dagang

Oleh : Aris Danu | Jumat, 12 Oktober 2018 | 21:10 WIB

Berita Terkait

Ruben Onsu Ajukan Gugatan Soal Merek Dagang
Ruben Onsu

INILAH.COM, Jakarta-Presenter kocak Ruben Onsu menempuh jalur hukum perihal merek dagang Bensu yang bersengketa dengan Jessy Handalim, pengusaha asal Bandung yang memiliki kemiripan merek dagang.

Sidang sengketan merek dagang ini sudah digelar di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat perdana, Kamis (11/10/2018) lalu. Gugatan Ruben tercatat dengan nomor perkara 48/Pdt.Sus-HKI/Merek/2018/PN Niaga Jkt.pst.

Ruben bercerita, sebelum menempuh jalur hukum ia telah mencoba berkomunikasi secara kekeluargaan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sayangnya, tidak ada titik temu.

"Waktu itu tidak ketemu jalan tengahnya. Jadi kami harus sama-sama menempuh jalur hukum. Biar hukum yang memutuskan," kata Ruben saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (12/10/2018).

Namun untuk urusan hukum, Ruben tak mau ikut campur dan menyerahkan semua kepada pengacaranya.

"Sidang kemarin saya enggak datang. Lawyer ketemu lawyer aja," kata Ruben Onsu.

Akibat kemiripan merek dagang tersebut, Ruben mengalami banyak kerugian karena konsumennya salah beli. Salah satunya ketika ada komplain dari konsumen selalu pihaknya yang menanggung sedangkan konsumen tidak membeli di tempat Ruben.

"Kerugian secara pribadi banyak. Misal ada usaha-usaha orang yang pakai nama Bensu karena kesalahan orang lain, (tapi) nyerangnya ke Instagram saya, nyalahinnya saya gitu," ujarnya.

"Saya amat sangat terganggu dengan pemberitaan ini. Makanya saya cerita, kalau urusan legalnya saya serahkan sama pengacara," Ruben, menambahkan.

Sengketa merek dagang Bensu bermula saat Ruben Onsu hendak mematenkan merek makanannya, Bensu di Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Namun, merek Bensu telah digunakan dan terdaftar di Direktorat Merek HAKI sejak 3 September 2015 oleh Jessy Handalim untuk usahanya yang bernama Bengkel Susu. [adc]

Komentar

x