Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 16 November 2018 | 00:55 WIB

Chintami Atmanegara Kepincut Batik Lasem

Oleh : Aris Danu | Minggu, 7 Oktober 2018 | 23:10 WIB

Berita Terkait

Chintami Atmanegara Kepincut Batik Lasem
(Foto: Inilahcom/Aris Danu)

INILAH.COM, Jakarta-Aktris dan penyanyi Chintami Atmanegara sejak beberapa tahun belakangan ini aktif menjadi seorang desainer. Bakat merancang busana itu rupanya sudah ia miliki sejak masih duduk di bangku sekolah.

Perempuan kelahiran Bonn, Jerman, 14 Juni 1962 ini bercerita, awalnya ia belajar mendesain secara otodidak. Tami, begitu ia biasa disapa, gemar membuat desain busana dari kain batik tradisional.

"Sejak dulu saya suka mendesain sebuah busana dan sering memakai kain tradisional batik," ujar pemilik merek "Nagara By Chintami Atmanegara" itu disela pameran bertema Tribute The Art Rembang, di Pasaraya The Pride Of Indonesia, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Aktris yang memulai debutnya lewat film Tempatmu di Sisiku (1979) ini mulai serius menekuni desain busana setelah tak lagi aktif di depan kamera.

"Sejak beralih mengenakan hijab dan mulai mengurangi jadwal syuting. Saya baru punya kesempatan untuk menekuni dunia fashion yang sudah saya idamkan sejak dulu," paparnya.

Berbicara soal batik, Chintami paling terkesan dengan Batik Lasem karena memiliki ciri khas unik. Motifnya yang klasik, bisa terlihat detail namun dikerjakan secara tradisional.

"Saya senang bisa mewujudkan impian saya membuat busana berbahan kain tradisional batik, saya tertarik karena ingin sekali untuk mengembangkan kain warisan budaya bangsa yang mendapat pengakuan Unesco sebagai warisan dunia itu harus kita jaga dan pertahankan kelestariannya," ujarnya.

Chintami pun hingga kini kerap memperkenalkan karya busana kain tradisional itu dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Seperti diketahui, Pasaraya Pride Of Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Rembang, menggelar pameran Tribute To Batik Indonesia bertajuk The Art Of Rembang pada 2 hingga 31 Oktober mendatang yang digelar dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional.

Acara yang dihadiri oleh Bupati Rembang, H Abdul Hafidz, Wakil Bupati Rembang, Bayu Andrianto, CEO Pasaraya, Medina Latief Harjani dan Dona Latief ini, memamerkan beragam produk unggulan dari Kabupaten Rembang. Di antaranya Batik Tulis Lasem yang terkenal dan melegenda. [adc]

Komentar

Embed Widget
x