Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 September 2018 | 01:31 WIB

Konser Vinculos 2018 Dukung Ambon Kota Musik Dunia

Oleh : Aris Danu | Minggu, 5 Agustus 2018 | 20:40 WIB

Berita Terkait

Konser Vinculos 2018 Dukung Ambon Kota Musik Dunia
(Foto: Inilahcom/Aris DC)

INILAH.COM, Jakarta-Kelompok orkestra Ocas asal Spanyol berhasil memukau masyarakat Ambon lewat konser bertajuk Vinculos for Indonesia 2018 yang digelar di Lapangan Merdeka, Ambon, Maluku, Sabtu (4/8/2018).

Konser tersebut menampilkan kolaborasi harmonis bersama 70 musisi paduan alat musik tahuri dari Negeri Hutumuri, Leitimur Selatan yang dipimpin Carolis Elias Horhoruw. Ocas dan musisi muda Tahuri membawakan tiga lagu khas Maluku berjudul Ayo Mama, Huhate dan Goro-Gorone.

Selain itu, Ocas juga menampilkan sejumlah komposisi klasik Spanyol, Kuba, dan lagu bernuansa tari flamengo.

Selanjutnya, Ocas akan menggelar konser ke tiga daerah di Sulawesi Tengah, yakni Palu, Kabupaten Sigi, dan Parigi Moutong pada 5-14 Agustus 2018.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadjamuddin Ramly mengatakan, konser itu bertujuan menebarkan semangat solidaritas, perdamaian, dan persatuan dalam kemajemukan. Selain itu, konser Vinculos juga salah satu upaya dalam mendukung Ambon sebagai Kota Musik Dunia oleh UNESCO.

"Vinculos untuk Indonesia 2018 dihelat di Kota Ambon sebagai upaya mendukung ditetapkannya Ambon sebagai Kota Musik Dunia oleh UNESCO pada tahun 2019 mendatang," kata Nadjamuddin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/8/2018).

Konser tersebut, lanjut Nadjamuddin, juga menandai peringatan 60 tahun hubungan diplomatik antara Republik Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Spanyol. [adc]

Komentar

Embed Widget
x