Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 07:42 WIB

Titta Rizky Perkarakan Global Musik Terkait Lagu

Oleh : Aris Danu | Selasa, 12 Juni 2018 | 22:27 WIB

Berita Terkait

Titta Rizky Perkarakan Global Musik Terkait Lagu
(Foto: Inilahcom/Aris Danu)

INILAH.COM, Jakarta-Penyanyi sekaligus pencipta lagu Titta Rizky melayangkan somasi kepada perusahaan rekaman atau label Global Musik usai lagunya dipakai tanpa izin dan dikomersilkan.

Titta bercerita, awalnya ia menitipkan putrinya Rayvellin dibawah naungan label Global Musik. Namun kontrak dengan label itu sudah berakhir pada 2014 silam. Tanpa ia sadari pada awal 2018 Global menjual album Rayvellin termasuk lagu karyanya melalui platform digital dan RBT. Bahkan judul lagunya diganti.

"Tanpa pemberitahuan kepada saya sebagai pencipta lagu yang dinyanyikan penyanyi cilik Rayvelin, mereka enak saja mengganti judul lagu 'Allah' ciptaan saya dengan nama 'Sholawat' gitu," kata Titta di Jakarta, Senin (11/6/2018).

"Selain mengganti judul lagu itu, mereka juga mengkomersilkan lagu-lagu ciptaan saya tersebut, melalui media sosial seperti Youtube. Kemudian telah dijadikan RBT oleh beberapa provider selular, semuanya tanpa seijin saya sebagai pencipta dan produser lagu yang sah," tambahnya.

Titta mengatakan, pada awal perjanjian kontrak kerja sudah jelas disebutkan perihal rekaman lagu ciptaannya sekaligus pembuatan video klipnya.

"Dalam perjanjian kerja itu saya harus membayar biaya produksi ke label musik GED sebesar Rp. 52 juta untuk rekam 10 lagu ciptaan saya dan pembuatan video klipnya. Untuk pendistribusian lagu-lagu melalui CD, saya harus tambah Rp. 6 Juta," paparnya.

Namun hingga sekarang Titta tidak mendapat laporan apapun mengenai penjualan karya lagu itu. Bahkan Global Musik meminta izin pun tidak.

"Setiap ditanyakan melalui WA tidak dibalas dan jika di telepon pihak label tersebut tidak mau menerimanya," urainya.

Merasa tidak mendapatkan keadilan dan dirugikan, Titta kemudian menunjuk pengacara Togar Situmorang untuk melayangkan somasi.

"Dalam surat somasi itu, pihak pengacara saya meminta kepada pihak label untuk segera menyelesaikan permasalahan ini dan memberikan apa saja yang seharusnya telah menjadi hak saya," demikian Titta Rizky. [adc]

Komentar

Embed Widget
x