Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 07:21 WIB

"Cahaya Dalam Sunyi", Lagu untuk Kaum Tunarungu

Oleh : Aris Danu | Jumat, 8 Juni 2018 | 15:32 WIB
(Foto: Inilahcom/Aris Danu)

INILAH.COM, Jakarta-Sebanyak 33 musisi dan penyanyi Tanah Air menggarap sebuah lagu berjudul "Cahaya Dalam Sunyi" yang secara khusus dipersembahakan untuk kaum tunarungu. Awalnya, lagu ini digagas oleh tiga orang produser, yakni Archie Wijaya, Rilla Lusiana, dan Ifa Fachir.

"Cahaya Dalam Sunyi" merupakan lagu religi yang berisikan lantunan gema takbir Hari Raya. Lirik lagu tersebut ditulis oleh Archie dan Rilla, sedangkan Ifa Fachir berperan membuat arransemen dan penata musik.

"Saat itu Qur'an ID mau bikin takbir Hari Raya yang melibatkan teman-teman tuli, dari situ saya pikir, kenapa kita nggak bikin dalam bentuk lagu yang bisa dimasukkan takbiran ke dalamnya," kata Ifa Fachir saat jumpa pers, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (6/6/2018).

Lebih lanjut Ifa mengatakan, proses penggarapan lagu ini juga melibatkan aktivis tunarungu, Surya Sahetapy dan edikator tunarungu, Galuh Sukmara. Mereka dilibatkan perihal musikalitas dari lagu "Cahaya Dalam Sunyi", khususnya dalam lirik lagu.

"Dari situ keyword yang saya tangkap adalah getaran. Ternyata mereka bisa menikmati musik lewat getarannya. Maka yang saya pertimbangkan dalam membuat arasemennya adalah gimana penabuhannya, low registered bass, dan lain-lainnya agar lebih kerasa getarannya," papar Ifa.

Lagu ini melibatkan 33 musisi dan penyanyi, mereka diantaranya adalah Afgan, Alika Islamadina, Andien, Armand Maulana, Aura Gutawa, Barsena Bestandhi, Dewi Sandra, Dira Sugandi, Gita Gutawa, Handy 'Soulvibe', Hedi Yunus. Kemudian Empat personel Hivi!, Ify Alyssa, Indra Aziz, Jeane Phialsa, Kunto Aji, Qip Choir, Radhini, Raisa. Tiga personel RAN turut ambil bagian dalam lagu ini bersama Rossa, Syakir Daulay, Tompi, Tulus, Vadi Akbar, Widi Mulia, dan Yura Yunita.

Selain menyanyi, Indra Azis juga berperan sebagai penata vokal dan Barry Maheswara menjadi produser pendamping.

Dira Sugandi, mewakili para penyanyi menyatakan bahwa lagu ini "Cahaya Dalam Sunyi" cukup menguras emosi. Dira pun sangat antusias terlibat dalam proyek lagu ini.

"Hidup ini kan tentang mencari apa tujuan hidup ini, ketika ada yang kosong, lewat proyek ini yang kosong itu jadi terisi," demikian Dira Sugandi. [adc]

Komentar

x