Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Juni 2018 | 22:46 WIB
 

Ini Aksi Nyata RAN Atasi Pemanasan Global

Oleh : Aris Danu | Kamis, 10 Mei 2018 | 14:55 WIB
Ini Aksi Nyata RAN Atasi Pemanasan Global
(Foto: Inilahcom/Aris Danu)

INILAH.COM, Ambarawa-Grup musik RAN yang beranggotakan Rayi, Asta, Nino prihatin dengan kerusakan lingkungan yang menimbulkan pemanasan global. Mereka pun terjun langsung dalam aksi tanam pohon di kawasan Rawa Pening, Ambarawa, Jawa Tengah.

Aksi nyata RAN itu sebagai bentuk kepedulian nyata dalam mengatasi pemanasan global akibat minimnya penghijauan.

"Yang pasti panas ya tadi, tapi seru banget. Kita menanam beberapa pohon trembesi sebagai simbolis dimulainya Djarum Trees for Life (DTFL). Kami berharap saat kami balik lagi ke sana sudah enggak sepanas itu, karena sudah banyak pepohonan," kata Rayi disela seremoni penanaman pohon di Lapangan Jenderal Sudirman, Ambarawa, Jawa Tengah, Rabu (9/5/2018).

Pada kesempatan itu RAN menikmati perjalanan ke kawasan wisata danau Rawa Pening dengan kereta diesel buatan Jerman. Mereka menaiki kereta dari Museum Kereta Api Ambarawa menuju ke Rawa Pening.

"Seru, kami ke sana naik kereta api bermesin diesel tahun 1907 yang sekarang jadi angkutan wisata," ujar Rayi.

Grup musik asal Jakarta yang didapuk menjadi Duta Penghijauan Bakti Lingkungan Djarum Foundation juga menyerukan pentingnya merawat alam dengan aksi nyata lainnya. Salah satunya dengan tidak buang sampah sembarangan dan mengurangi penggunaan plastik.

"Mungkin awalnya kami berpikir cukup dengan tindakan kecil seperti hemat listrik, tidak buang sampah sembarangan, kurangi pemakaian plastik. Tapi, untuk memperbaiki kondisi lingkungan hidup perlu lebih dari itu. Makanya, kami mengajak masyarakat, terutama generasi muda untuk mulai dengan tindakan nyata seperti menanam pohon," terang Nino.

Aksi penanaman pohon oleh RAN di kawasan Rawa Pening tersebut merupakan bagian dari program "Djarum Trees for Life (DTFL) Menanam Trembesi 261 KM Joglosemar yang diselenggarakan Djarum Foundation. Program DTFL ini telah dimulai pada pertengahan tahun 2016 dengan titik pertama di area kawasan wisata Candi Prambanan, Yogyakarta. [adc]

Komentar

 
Embed Widget

x