Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 10:09 WIB

DTFL-RAN Hijaukan Joglosemar dengan Pohon Trembesi

Oleh : Aris Danu | Rabu, 9 Mei 2018 | 21:22 WIB

Berita Terkait

DTFL-RAN Hijaukan Joglosemar dengan Pohon Trembesi
(Foto: inilahcom/Aris DC)

INILAH.COM, Ambarawa-Djarum Foundation melalui program Djarum Trees for Life (DTFL) menggandeng grup musik RAN menuntaskan penanaman pohon Trembesi di jalur Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar) sepanjang 261 KM.

Seremoni penanaman pohon trembesi dilakukan DTFL bersama RAN di kawasan wisata Rawapening dan Lapangan Jenderal Sudirman, Ambarawa, Jawa Tengah, Rabu, 9 Mei 2018. Program DTFL ini telah dimulai pada pertengahan tahun 2016 dengan titik pertama di area kawasan wisata Candi Prambanan, Yogyakarta.

Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji menyampaikan, program "DTFL-Menanam Trembesi 261 KM Joglosemar" merupakan upaya untuk menghijaukan jalur jalan di Jawa Tengah yang meliputi Semarang-Bawen-Lingkar Ambarawa-Magelang-Lingkar Yogyakarta-Solo-Boyolali dan Salatiga.

"Penanaman trembesi ini bertujuan untuk memperbaiki lingkungan dan kualitas udara untuk masa depan yang lebih baik. Pada titik akhir telah tertanam 10.576 pohon, melebihi dari target 10 ribu pohon," kata Supanji disela seremoni penanaman trembesi di Lapangan Jenderal Sudirman Ambarawa, Jawa Tengah.

Supanji menambahkan, program DTFL merupakan komitmen Djarum Foundation dalam menjaga kelestarian lingkungan. Program ini juga sebagai upayan untuk mengurangi efek pemanasan global dan menciptakan lingkungan yang bersahabat di masa mendatang.

Sementara itu grup musik RAN didapuk sebagai Duta Penghijauan Bakti Lingkungan Djarum Foundation merasa bangga bisa terlibat dalam kegiatan pelestarian lingkungan itu.

"Kita sangat bangga bisa terlibat. Dulu tahun 2013 juga pernah melakukan kerja sama dengan DTFL, terus sekarang kita diajak lagi, ya tentunya senang banget," kata Nino.

Dalam aksi tanam trembesi ini, RAN turut melakukan penanaman pohon di kawasan wisata Rawapening yang cukup gersang. RAN berharap apa yang mereka lakukan dapat menjadi contoh bagi masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan.

"Sampai di sana kita menanam trembesi. Kita berharap saat kita balik lagi enggak sepanas sekarang ya, karena nanti sudah banyak pepohonan," ujar Rayi.

Seremoni penanaman turut dihadiri beberapa tokoh masyarakat dan pejabat pemerintahan Kabupaten Semarang. Pada kesempatan itu Djarum Foundation juga memberikan bantuan 1.900 bibit pohon kepada 19 perwakilan kecamatan dari seluruh Kabupaten Semarang. Bantuan pohon terdiri dari, 950 bibit pohon Trembesi, 475 bibit pohon Durian dan 475 bibit pohon Alpukat. Selain itu diserahkan juga bantuan alat tanam berupa cangkul dan skop sebanyak 190 buah. [adc]

Komentar

Embed Widget
x