Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 07:14 WIB

Gen Halilintar Diklaim Malaysia, Warganet Bereaksi

Oleh : Tatzuar Amir | Rabu, 18 April 2018 | 19:35 WIB
Gen Halilintar Diklaim Malaysia, Warganet Bereaksi
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta-Sebuah akun Facebook yang diduga milik warga Malaysia mengatakan bahwa Gen Halilintar adalah milik negara Jiran. Warganet pun memberikan reaksi terhadap klaim dari akun yang diduga warga Malaysia itu.

Gen Halilintar adalah salah satu contoh yang mampu memanfaatkan teknologi digital untuk mencapai popularitas. Keluarga yang terdiri dari sepasang suami istri, 6 anak lelaki dan 5 anak perempuan ini amat populer di YouTube. Terbukti ada lebih dari 2,7 juta pengikut di kanal YouTube resmi mereka.

Keluarga asal Minangkabau ini mulai memperoleh ketenaran setelah sang ibu, Lenggogeni Faruk, mengeluarkan buku berjudul, "Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team". Sebagian besar pengagum mereka datang dari kalangan anak-anak.

Tetapi kepopuleran Gen Halilintar juga mendatangkan banyak orang yang tidak menyukai mereka. Ketidaksukaan muncul karena keluarga ini kerap dinilai terlalu berusaha keras untuk menjadi terkenal, karena beberapa konten yang mereka ciptakan dinilai tidak terpuji.

Misalnya saat salah satu anggota keluarga, Ata Halilintar, membuat video usil di mana dirinya meminta nomor telepon dari para pengikut Instagram dan lalu dia mengusili mereka lewat sambungan telepon. Ulah ini mendapat kecaman karena nomor para pengikut mereka bisa saja tersebar ke pihak yang tidak punya niat baik.

Atau saat Saaih Halilintar yang membuat video dengan merobek uang kertas pecahan Rp 100 ribu. Video Instagram itu juga mendapat kecaman warganet yang menilai bahwa uang sejumlah itu lebih bermanfaat bila disumbangkan ke orang yang membutuhkan.

Tapi rupanya kepopuleran Gen Halilintar juga merambah negeri jiran Malaysia. Sebuah akun yang diduga sebagai warga negara tetangga itu tertangkap mengatakan bahwa Gen Halilintar sesungguhnya milik negara yang sekarang dipimpin oleh Najib Razak itu.

Dalam unggahan Facebook tertanggal 16 April 2018 itu, akun Facebook itu menulis, "Hanya budak Malaysia boleh punya anak 11, punya buku pun, kita harus bangge kpade budak budak malaysia ni,".

Unggahan itu disertai dengan foto buku berjudul "Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team".

Foto tangkapan status Facebook itu diunggah oleh beberapa akun Instagram seperti @1cak, @neng_jepret dan @dramayuuk dan lalu mendapatkan komentar tak terduga dari para warganet.

"Ambil aja tsaytar bonusnya lucinta luna dan babang tamvan," tulis @yayan.les.

"Ambil daah.. sekalian dpt pring cantik ama payung cantik...," tulis @Lidya_Hamid.

"Indonesia ikhlaass.... lahir batin...dunia akhirat...." tulis @ethereni76.

"Ambil aja di indonesia ga bikin bangga ko wkwkwkw," tulis @uli_nurasia. [adc]

Komentar

x