Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Juli 2018 | 23:07 WIB
 

Ingat Pramoedya, Happy Salma Menangis

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 17 April 2018 | 22:15 WIB
Ingat Pramoedya, Happy Salma Menangis
(Foto: Inilah.com/Mia Kartikawati)

INILAHCOM, Jakarta - Aktris Happy Salma sempat mengeluarkan air mata ketika mengingat masa - masa saat bertemu dengan Pramoedya Ananta Toer.

Happy Salma mengaku fans garis keras dari seorang sosok Pramoedya Ananta Toer. Ada satu kalimat yang sangat diingat dari Pramoedya saat bertemu dengan Happy Salma. Kalimat ini yang membuat Happy Salma selalu terkenang akan sosok Pramoedya.

"Aku Tahu kamu (Happy). Kamu tidak cantik, tapi kamu mengesankan," ujar Happy seperti kata - kata yang diucapkan Pramoedya kepadanya.

Kecintaan Happy terhadap Pram, panggilan akrab Pramoedya Ananta Toer, membuatnya ingin terus menampilkan sosok Pram kepada masyarakat. Sebelumnya, Happy sudah menampilkan sebuah pagelaran pementasan Bunga Penutup Abad pada 2016 dan 2017. Kini, Happy ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dari karya seorang Pram.

"Saya berpikir bagaimana caranya agar banyak orang yang ingin melihat peninggalan Pram bisa terwujud. Karena itu, saya membuat pameran ini," kata Happy Salma saat ditemui di acara pembukaan pameran Namaku Pram: Catatan dan Arsip di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Selasa, (17/04/2018).

Pameran yang diselenggarakan pada Selasa, 17 April - 20 Mei 2018 digelar di Dia.Lo.Gue, Kemang. Pada pameran tersebut, penikmat karya Pram dapat menemukan sisi lain dari seorang Pram.

"Pameran ini sangat kaya. Karena Pram itu sangat kaya. Pram itu, kalau kita lihat seperti melihat Indonesia," kata Engel Tanzil pemilik Dia.Lo.Gue.

Masih menurutnya, Pram adalah seorang pencatat yang baik. Pram adalah sosok yang sangat hebat, dan bisa menggabungkan sesuatu menjadi sebuah cerita yang apik.

"Mungkin kalau bisa dibilang, arsip yang baik itu, adalah yang dimiliki Pram," ujar Happy. (tka)

Komentar

x