Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 25 April 2018 | 13:45 WIB
 

Mengenang Sosok Amoroso Katamsi, Pemeran Soeharto

Oleh : Aris Danu | Selasa, 17 April 2018 | 17:20 WIB
Mengenang Sosok Amoroso Katamsi, Pemeran Soeharto
(Foto: Istimewa)

INILAH.COM, Jakarta-Kabar duka menyelimuti dunia perfilman Tanah Air. Aktor Amoroso Katamsi meninggal dunia Selasa (17/4/2018) pukul 01.40 WIB. Ia meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan di RSAL Dr Mintohardjo, Jakarta.

"Amaroso Katamsi, aktor yg memerankan Presiden Suharto dlm pelbagai film, meninggal dinihari Selasa ini. Amaroso, seorang dokter TNI- AL, ikut grup teater yg dipimpin Sutradara Arifin C. Noer sejak masih kuliah di Yogya. Ia bisa tampak menyatu dgn sosok yg diperankannya," tulis Goenawan Mohammad dalam akun Twitternya.

Nama Amoroso Katamsi dikenal lewat perannya sebagai Soeharto dalam film Pengkhianatan G30S/PKI. Almarhum lahir di Jakarta, 21 Oktober 1938. Semasa kecil, ia mengikuti keluarganya pindah ke Magelang, Jawa Tengah. Darah seni mengalir dari mendiang ayahnya yang gemar bermain biola.

Masa kecil Amoroso hingga remaja diisi dengan kegiatan berkesenian, seperti menari, bersandiwara dan tarik suara. Namun saat masih duduk di bangku SMP, neneknya meninggal dunia akibat sebuah penyakit ganas. Dari situlah Amoroso bertekad menjadi dokter dan selepas SMA ia ke Yogyakarta untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.

Selama kuliah di Yogyakarta, ia mengikuti kegiatan seni sandiwara radio RRI Yogyakarta. Di Jogja ia kemudian bertemu dengan sejumlah seniman seperti W.S. Rendra dan Arifin C. Noer.

Kemudain saat Arifin C. Noer menggarap film Pengkhianatan G30S/PKI, Amoroso pun terlibat dan dipercaya memerankan tokoh Soeharto. Berkat peran Soeharto, ia dua kali masuk nominasi FFI, sebagai aktor utama dalam Serangan Fajar (1981) pada Festival Film Indonesia 1982, dan sebagai aktor utama dalam Pengkhianatan G30S/PKI (1983) pada Festival Film Indonesia 1984.

Amoroso meninggal dunia dalam usia 77 tahun. Jenazah dimakamkan di TPU Tanah Wakaf Pondok Labu. [adc]

Komentar

 
Embed Widget

x