Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Juni 2018 | 15:39 WIB
 

Waljinah Ingin Musik Keroncong Tak Dilupakan

Oleh : Aris Danu | Rabu, 14 Maret 2018 | 23:30 WIB
Waljinah Ingin Musik Keroncong Tak Dilupakan
Penyanyi legendaris Waljina - (Foto: inilahcom/Aris DC)

INILAH.COM, Jakarta-Penyanyi keroncong legendaris Waljinah masih aktif bermusik keroncong ditengah keterbatasannya beraktifitas karena menggunakan kursi roda. Ia ingin musik keroncong yang merupakan warisan budaya tidak dilupakan.

"Keroncong harus ditonjolkan. Studio keroncong sekarang sudah jarang sekali. Satu-satunya yang ada Gemala Bakti (di Solo)," kata Waljinah saat ditemui dalam peluncuran keyboard Yamaha PSR-S975 dan PSR-S775 di gedung Yamaha Musik, Jalan Jendral Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (13/3/2018).

Pelantun tembang Walang Kekek ini bercerita, ia mengabdikan sepanjang hidupnya untuk kelestarian musik keroncong di Tanah Air. Bahkan diusianya yang sudah menginjak 72 tahun, perempuan asal Solo, Jawa Tengah ini masih bersemangat ketika ngobrol soal musik keroncong.

"Saya sudah sampai umur 72 tahun, berjalan royo-royo. Jadi bagaimana caranya untuk keroncong maju terus," ujarnya.

Pegiat dan pelestari musik keroncong di Tanah Air menurut Waljinah sudah hampir tidak ada sejak meninggalnya beberapa maestro keroncong, seperti Gesang, Ismanto, Anggarani, dan Waluyo. Namun ia bersyukur di Solo masih ada Festival Keroncong yang digelar setiap tahun sebagai apresiasi terhadap musik keroncong.

"Sudah 9 tahun (Festival Keroncong), penontonnya bukan main baik dari luar negeri dan dalam negeri," ujarnya.

Waljinah pun berharap pemerintah memberi perhatian secara khusus untuk kelestarian musik keroncong di Tanah Air.

"Sebetulnya kita mengitik-itik terus sama RRI supaya diadakan keroncong, diadakan keroncong, ya gitu terus. Tapi gimana ya, pemerintah sendiri tidak bergoyang sama sekali. Aku sudah ketuaan," kata Waljinah. [adc]

Komentar

 
x