Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Juni 2018 | 15:36 WIB
 

Inilah 5 Film Terbaik Tentang Stephen Hawking

Oleh : Tatzuar Amir | Rabu, 14 Maret 2018 | 22:00 WIB
Inilah 5 Film Terbaik Tentang Stephen Hawking
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta-Fisikawan dan kosmologis ikonik asal Inggris, Stephen Hawking, meninggal dunia hari ini, Rabu (14/3/2018) dalam usia ke-76 tahun. Pencapaiannya di bidang fisika teori membuat dia menjadi salah satu objek dan subjek penceritaan di film.

Kisah hidup luar biasa Stephen Hawking yang didiagnosis menderita amyotrophic lateral sclerosis (ALS) di usia 22 tahun, memang menginspirasi banyak pihak untuk mengangkatnya ke medium audio-visual.

Inilah lima film terbaik yang terinspirasi dari kisah hidup Stephen Hawking:

1. The Theory of Everything (2014)
Film ini berfokus kepada kisah romansa yang terjalin antara Stephen Hawking dengan istri pertamanya, Jane Wilde. Film yang diadaptasi dari buku memoar Jane berjudul "Travelling to Infinity: My Life with Stephen" itu menceritakan bagaimana Jane setia mendampingi Stephen, terutama saat dia mulai menderita ALS. Film ini kemudian sukses meraih berbagai penghargaan, termasuk Golden Globe dan Oscar. Eddie Redmayne pun berhasil meraih Oscar untuk kategori aktor terbaik di tahun 2015.

2. Hawking (2012)
Film dokumenter ini menampilkan Stephen Hawking yang bercerita tentang perjalanan hidupnya, mulai dari masa kanak-kanak, perjuangannya melawan penyakit ALS, dan upayanya dalam mencapai status sebagai salah satu ilmuwan paling terkemuka di dunia. Film ini juga dikenal dengan judul A Brief History of Mine, merujuk pada buku pertama yang diterbitkan Hawking di tahun 1988, A Brief History of Time.

3. Hawking (2004)
Film ini merupakan produksi stasiun televisi Inggris, BBC, dan diperuntukkan untuk tayang dalam format layar kaca. Kisah film ini merunut tahun-tahun awal Hawking sewaktu menjalani studi sebagai mahasiswa paska sarja (PhD.) di Universitas Cambridge, Inggris, di mana dia mulai fokus meneliti asal mula waktu dan mulai terkena penyakit ALS. Sosok Stephen Hawking di film ini diperankan oleh aktor Inggris, Benedict Cumberbatch, dan merupakan film pertama yang mengangkat sosok seorang fisikawan.

4. A Brief History of Time (1991)
Film ini dirilis hanya tiga tahun setelah buku pertama Hawking berjudul sama dilepas ke pasaran dan menjadi best-seller. Film berjenis film dokumenter biografi dan disutradarai oleh Errol Morris ini memperlihatkan rekaman wawancara pembuat film dengan anggota keluarga, rekan sejawat Hawking, dan bahkan dengan pengasuh Hawking semasa kecil.

5.Beyond the Horizon (2009)
Juga bergenre film dokumenter, Beyond the Horizon berkisah tentang seorang reporter yang ingin menulis artikel panjang tentang kosmologi dan arti dari eksistensi alam semesta. Reporter perempuan ini kemudian mewawancari Stephen Hawking dalam sebuah perjalanan menembus ruang dan waktu.

Komentar

 
x