Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 07:21 WIB

Stephen Hawking Wafat, Warganet Berduka

Oleh : Tatzuar Amir | Rabu, 14 Maret 2018 | 21:45 WIB
Stephen Hawking Wafat, Warganet Berduka
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta-Meninggalnya fisikawan ikonik asal Inggris, Stephen Hawking, meninggalkan duka mendalam. Tidak hanya bagi penggemar ilmu sains, tetapi juga masyarakat awam yang ramai-ramai mengucapkan belasungkawa di Twitter.

Kata kunci "Stephen Hawking" telah dicuitkan sebanyak lebih dari 848 ribu kali di Twitter saat artikel ini disusun. Obituari singkat pun menyertai kabar berpulangnya salah satu ilmuwan paling terkenal sejagad dalam kurun waktu 5 dekade terakhir itu.

Ada yang mengaitkan meninggalnya Stephen Hawking dengan komposer film "The Theory of Everything", Johann Johannson, sebulan lalu. Film "The Theory of Everything" adalah kisah biografi Stephen Hawking dari buku berjudul sama yang dibintangi oleh Eddie Redmayne, aktor Inggris yang kemudian memperoleh Oscar untuk perannya di film ini.

"Saya baru sadar bahwa komposer film The Theory of Everything meninggal kira-kira sebulan lalu dan sekarang Stephen Hawking yang meninggal. Saya tak bisa membayangkan," cuit @itsalyssayall.

"Saya harus mengakui bahwa sulit untuk menerima kematian Stephen Hawking. Untuk beberapa alasan, saya menganggap bahwa Stephen Hawking itu abadi," kicau @brellom.

Ada juga yang membagikan kutipan kata yang pernah diucapkan oleh Hawking semasa hidupnya.

"Betapa pun sulitnya hidup yang harus dijalani, pasti ada suatu hal yang bisa kau lakukan dan kau bisa meraih sukses dari itu, 'Selamat jalan untuk pria yang telah menginspirasi banyak orang'," cuit @lucky7defyodds.

"Fisikawan Stephen Hawking meninggal dunia di usia ke-76 tahun. Suatu kehilangan untuk kemanusiaan," cuit @Amitbhawani, blogger terkenal India.

Stephen Hawking meninggal dunia hari ini, Rabu (14/03/2018), dalam usia 76 tahun, seperti yang sudah dikonfirmasi oleh pihak keluarga. Pihak keluarga mengatakan bahwa Hawking meninggal dalam keadaan tenang di kediamannya di dekat Universitas Cambridge, Inggris.

Pada usia 22 tahun, Stephen Hawking didiagnosis menderita suatu penyakit saraf langka yang menyerang saraf neuron motoriknya sehingga dia kemudian mengalami kelumpuhan dan juga kehilangan kemampuan berbicara.

Hawking lantas justru menjadi sosok ikonik karena keterbatasan fisiknya itu yang membuatnya harus bergantung kepada kursi roda dan alat suara sintesis untuk memungkinkannya berbicara.

Hawking dikenal sebagai orang pertama yang mengemukakan gagasan bahwa kosmologi adalah satu kesatuan dari teori relativitas dan kwantum mekanik.

Hawking dilahirkan pada 8 Januari 1942 di Oxford, Inggris. Dia pertama kali memulai teori yang kemudian dikenal sebagai "Hawking radiation" pada tahun 1974.

Stephen Hawking kemudian merilis buku pertamanya yang berjudul A Brief History of Time yang memuat gagasannya tentang asal mula alam semesta dalam 110 halaman yang terbagi dalam 12 bab. Sampai sekarang buku tersebut banyak menginspirasi para ilmuwan dalam mengembangkan teori kwantum lanjutan dan mengungkapkan asal usul alam semesta. Buku ini juga menginspirasi beberap film fiksi ilmiah yang terkait dengan penjelajahan waktu, seperti Looper (2012).

Hawking juga dikenal dekat dengan budaya populer dan sempat beberapa kali tampil di serial televisi seperti Big Bang Theory, The Simpsons dan the Dwarf.

Komentar

x