Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 25 Mei 2018 | 21:46 WIB
 

Kemendikbud Ajak Generasi Muda Cinta Film Nasional

Oleh : Aris Danu | Selasa, 19 Desember 2017 | 18:30 WIB
Kemendikbud Ajak Generasi Muda Cinta Film Nasional
(Foto: Inilahcom/Aris Danu)

INILAH.COM, Jakarta-Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendorong generasi muda mencintai film nasional. Utamanya film yang memberikan nilai positif.

Salah satu upaya untuk mendorong hal itu, Kemendikbud bersama Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Cirebon serta Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon menggelar nonton bareng (nobar) film Indonesia "Aisyah Biarkan Kami Bersaudara" di SMK Manba'Ul Ulum Cirebon akhir pekan lalu.

Kepala bidang Apresiasi dan Tenaga Perfilman, Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud, M. Sanggupri Bochari mengatakan, tidak semua film menarik dan bermuatan positif bagi masyarakat, khususnya generasi muda. Oleh karena itu pihaknya mempersembahkan film nasional karya sineas Tanah Air yang memberikan edukasi positif.

"Jangan salah, ada juga film yang kurang berguna, seperti film yang mengajak ke arah sesuatu tidak benar. Oleh karena itu kita harus punya kemampuan memilih film. Lewat nobar ini kita bisa memilih tontonan mana yang layak untuk ditonton dan film mana yang tidak. Itu anda sendiri yang memutuskan," kata dia pada keterangannya, Selasa (19/12/2017).

Sanggupri menilai anak-anak muda harus mampu menentukan film karena biasanya ada nilai yang terkandung didalamnya. Kedepan anak muda harus bisa seleksi film yang mempunyai nilai edukasi, inspirasi dan lewat film bahkan bisa kembangkan cita-cita, gaya hidup.

Ia pun mengucapkan banyak terima kasih pada pihak-pihak sekolah yang mau menyediakan prasarana untuk acara nobar ini bersama dinas pendidikan dan kebudayaan. Hal ini menjadi pemicu untuk mengingatkan film-film yang mendidik.

"Kami dari Kemendikbud mau membantu dengan meminjamkan film-film ke sekolah-sekolah. Ada 35 film yang telah diseleksi dan kami pastikan ini film yang menginspirasi generasi muda. Tentunya ini akan mendorong masyarakat mencintai film nasional kita sendiri dan mendorong untuk bersemangat lagi dalam hidup ini," paparnya. [adc]

Komentar

 
Embed Widget

x