Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 06:56 WIB

Christine Hakim Akui Sulitnya Film Bertema Politik

Oleh : Aris Danu | Senin, 25 September 2017 | 13:30 WIB
Christine Hakim Akui Sulitnya Film Bertema Politik
Christine Hakim - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta-Film bertema politik sangat jarang ditemui di Indonesia. Hal itu juga diakui oleh aktris senior Christine Hakim karena adanya kendala dalam proses pembuatan dan perizinan.

"Masih ada kendala. Saya melihatnya seperti itu," katanya seperti dikutip Antaranews di Jakarta, baru-baru ini.

Salah satu contohnya menurut Christine adalah sutradara Eros Djarot yang ingin membuat film tentang permasalahan sosial politik. Keinginan Eros mendapat penolakan yang berujung demo dari Front Pembela Islam (FPI).

"Itu mas Eros mau bikin film yang mengangkat permasalahan sosial politik, FPI yang nyetop, yang mendemo," ujar pemain film Daun Diata Bantal itu.

Tidak dipungkiri, setelah reformasi memang kebebasan berpendapat termasuk melalui film sangat terbuka. Namun ada saja kendala saat syuting.

"(Setelah reformasi) Memang sudah bebas, tetapi ada cara-cara yang kemudian menghambat jalannya syuting," kata Christine.

Sementara itu sutradara muda pemenang Festival Film Cannes 2016 Wregas Bhanuteja menyatakan enggan menggarap dan tidak punya kedekatan dengan film bertema politik.

"Saya tidak berminat buat film politik, saya tidak dekat dengan film politik, saya lebih ke psikologis," ujar sutradara asal Jogja itu. [adc]

Komentar

 
Embed Widget

x