Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 23:35 WIB

Hanung Bramantyo Bangun Keraton untuk Sultan Agung

Oleh : Aris Danu | Selasa, 15 Agustus 2017 | 17:55 WIB
Hanung Bramantyo Bangun Keraton untuk Sultan Agung
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta-Sutradara Hanung Bramantyo tengah mempersiapkan produksi film kolosal berjudul Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta.

Hanung mengatakan, dirinya akan membuat keraton untuk membangun setting film di era 1600-an tersebut.

"Kita akan membangun Keraton. Karena saat ini (peninggalan era Sultan Agung) cuma tersisa umpak jadi enggak mungkin kita syuting di situ," kata Hanung saat jumpa pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (15/8/2017).

Film garapan rumah produksi Moeryati Soedibyo Cinema dan Dapur Film ini akan menampilkan Ario Bayu sebagai pemeran utama Sultan Agung dan Anindya Kusuma Putri sebagai pemeran permaisuri. Terkait pemilihan tokoh utama dalam film ini Hanung berkoordinasi dengan Moeryati yang bertindak sebagai eksekutif produser.

"Memilih tokoh ini saya memang tidak memiliki pengalaman film layar lebar. Tapi saya juga membaca sejarah-sejarah dari keraton atau cerita dari luar negeri, perorangan saya gabungkan. Dalam bayangan saya Sultan Agung itu adalah orang besar," kata pendiri sekaligus pemilik Mustika Ratu tersebut.

Moeryati mengatakan, keinginannya untuk mengangkat kisah hidup Raja Mataram pertama Sultan Agung ke layar lebar bukan tanpa alasan.

"Sultan Agung punya semangat besar untuk mempersatukan nusantara yang kala itu sedang terpecah belah karena perebutan kekuasaan dan juga dikuasai oleh penjajah Belanda dengan kedok perdagangan rempah di bawah nama VOC," ujar perempuan berusia 90 tahun itu. [adc]

 
x