Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 11:38 WIB

Nino Gracia Populerkan Kembali "Yamko Rambe Yamko"

Oleh : Aris Danu | Kamis, 10 Agustus 2017 | 19:35 WIB
Nino Gracia Populerkan Kembali
Nino Gracia dan Indra Bekti - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta-Pengaruh budaya asing yang masuk membuat generasi muda lupa terhadap budaya sendiri. Bahkan banyak yang sudah lupa dengan lagu-lagu daerah yang menjadi kekayaan seni budaya Indonesia.

Menyikapi hal itu, penyanyi Nino Gracia merasa terpanggil untuk menyelamatkan kebudayaan asli Indonesia. Nino yang cinta dengan lagu-lagu daerah dengan penuh semangat mengangkat kembali lagu-lagu daerah dengan kemasan musik kekinian. Salah satunya adalah lagu asal Papua, Yamko Rambe Yamko yang dikemas ulang dengan nuansa musik modern.

"Ini salah satu keinginan saya untuk tetap mengangkat dan mempertahankan budaya asli Indonesia," katanya dalam wawancara di Mal Ciputra, kawasan Grogol, Jakarta Barat, Kamis (10/8/2017).

Lagu Yamko Rambe Yamko dibawakan secara apik oleh Nino yang berkolaborasi dengan presenter kocak Indra Bekti. Indra pun menyambut baik tawaran sahabat lamanya itu.

"Suatu kebanggaan tentunya, dulu saya diajarin sama dia koreografi itu seperti apa. Ternyata sekarang malah dia yang ajak saya nyanyi. Aku support banget," kata Indra.

Indra menambahkan, ia sangat antusias ketika tahu bahwa Nino bakal menyanyikan lagu-lagu daerah yang semasa kecil sering ia nyanyikan.

"Pada saat diajak itu aku langsung mikir, wah kesampaian juga dan tentu ini suatu kebanggaan apalagi sejak kecil aku memang suka nyanyi lagu-lagu daerah," terang Indra.

Sementara itu Nino menambahkan, proses penggarapan lagu Yamko Rambe Yamko memakan waktu sekitar tiga bulan. Ia tidak merasa kesulitan untuk menyatukan visi dengan Indra.

"Selain mengangkat lagu daerah saya juga ingin budaya kita juga dikenal, salah satunya burung cenderawasih lewat topi yang kami pakai ini. Topi ini sudah melambangkan budaya asli Indonesia," demikian Nino. [adc]

Komentar

 
x