Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 07:55 WIB

Duta Budaya Indonesia Siap Tampil di Polandia

Oleh : Aris Danu | Kamis, 13 Juli 2017 | 20:05 WIB
Duta Budaya Indonesia Siap Tampil di Polandia
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta-SMP negeri 115 Jakarta terpilih menjadi Duta Budaya Indonesia yang akan tampil dalam Festival of The Children of Mountains di Nowy Sacz City, Polandia.

Keikutsertaan Indonesia pada festival bertaraf internasional ini tidak terlepas dari peran serta CIOFF Indonesia sebagai organisasi non-profesi dan organisasi budaya internasional yang berpartner dengan UNESCO.

Menurut Said Rachmat, selaku Presiden CIOFF Indonesia misi budaya ini sudah diikuti oleh SMP Negeri 115 sejak 2009. Tahun ini tercatat sebagai tahun ke-9 yang akan memboyong 24 siswa dan 7 orang official.

"Ini untuk pertama kali kita bawa ke Eropa. Kita seleksi dari sekolah-sekolah lain dan selain anak-anak yang punya daya tangkap yang bagus tentu dari segi finansial juga harus kita perhatikan," kata Said dalam wawancara disela-sela acara Pelepasan Duta Budaya Indonesia di Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Kamis (13/7/2017).

Said menambahkan, terpilihnya SMP Negeri 115 Jakarta untuk mewakili Indonesia sebagai Duta Budaya Indonesia bukan tanpa alasan. SMP ini telah memenuhi kriteria dan selama 9 kali penyelenggaraan tidak pernah mengecewakan.

"Karena kualitas mereka sudah kita buktikan ya setelah beberapa kita bawa ke festival. Mereka disiplin, menguasai materi," paparnya.

Dalam penampilannya di Polandia kali ini, Duta Budaya Indonesia akan menampilkan tujuh nomor tarian, diantaranya Tari Saman dari Aceh, Greget Jawara dari Betawi, Yapong dari Jawa Tengah, Genggong dari Jawa Timur, Piring dari Sumatera Barat dan medley Tari Enggang dan Balian Bawo dari Kalimantan.

"Indonesia kan punya beragam seni, tari, suku, budaya itu sangat diapresiasi oleh dunia internasional karena keberagamannya. Dari segi kualitas kita sangat baik, bahkan di beberapa festival yang sifatnya kompetisi kita sudah membuktikan keluar sebagai juara," demikian Said. [adc]

 
x