Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 22:42 WIB

Hari Pancasila, Cinema 21 Tayangkan Film Siswa SMA

Oleh : Aris Danu | Rabu, 31 Mei 2017 | 15:15 WIB
Hari Pancasila, Cinema 21 Tayangkan Film Siswa SMA
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta-Cinema 21 bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Kantor Staf Presiden menayangkan film pendek karya pelajar SMA peserta Lomba Video Pendek BNPT 2016.

Kegiatan itu digelar berkaitan dengan peringatan Hari Pancasila pada Kamis, 1 Juni 2017. Video yang berkesempatan diputar berjudul 'Kain', karya pelajar SMAN 11 Bandung. Video berdurasi 1 menit itu menceritakan seorang anak yang menjahit sendiri bendera merah putih dari potongan kain perca yang didapatnya dari sisa tukang jahit karena keinginannya memiliki bendera sendiri.

"Kami ingin anak-anak muda Indonesia mendapat panggung yang tepat untuk menunjukkan hasil karya kreativitasnya yang positif, berkualitas, dan nasionalistik sehingga kita dapat menjadi semakin bangga sebagai bangsa Indonesia," kata Direktur Cinema 21, Arif Suherman dalam keterangnnya, Rabu (31/5/2017).

Arif mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya untuk merangsang kreatifitas dan memberi tantangan serta pengalaman tersendiri kepada siswa-siswa SMA dalam berkarya lewat film. Video yang terpilih merupakan film pendek yang mampu menerjemahkan perbedaan yang menjadi bagian hidup mereka, menjadi cerita yang menarik, dan mudah dipahami dalam 5 menit.

Kepala BNPT Komjen. Pol. Suhardi Alius memberikan apresiasi kepada Cinema 21 terkait penayangan video 'Kain' karya siswa SMA. Langkah itu merupakan wujud nyata keterlibatan masyarakat dalam upaya kampanye pencegahan terorisme.

"Sejak awal lomba video pendek ini diinisiasi oleh BNPT sebagai sarana kampanye pencegahan terorisme. Dengan ditayangkan di Cinema 21 kami harapkan kampanye ini dapat menjangkau audiens yang lebih luas," kata Suhardi.

Suhardi tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kantor Staf Presiden atas dukungannya dalam upaya pencegahan terorisme. "Kami harapkan tidak berhenti sampai disini, tapi berlanjut dengan kementerian/lembaga atau instansi terkait lainnya," tambahnya.

Secara teknis para peserta harus mumpuni untuk memenuhi kebutuhan penayangan di Cinema 21. Mereka harus membuat video berdurasi 5 menit menjadi 1 menit dengan tetap mempertahankan isi dan filosofi cerita. [adc]

 
Embed Widget

x