Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 23:38 WIB

Uprising Kembangkan Potensi Genre EDM di Tanah Air

Oleh : Aris Danu | Sabtu, 20 Mei 2017 | 22:45 WIB
Uprising Kembangkan Potensi Genre EDM di Tanah Air
(Foto: Inilahcom/Aris Danu)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta-Perkembangan musik di tanah air terus berubah dari tahun ke tahun. Belakangan ini genre electronic dance music (EDM) tengah naik daun sehingga menjadi potensi besar bagi pemain musik di genre itu.

Melihat pergerakan EDM yang begitu besar, sejumlah musisi dan produser EDM pun membentuk sebuah komunitas yang bernaung di bawah nama Uprising. Setidaknya terdapat 150 nama yang tergabung dalam Uprising, termasuk sejumlah nama besar yang sudah tak asing lagi. Mereka diantaranya Dipha Barus, Jevin Julian, Mahesa Utara, Winky Wiryawan dan lain sebagainya.

"Ide dasarnya adalah kami kumpulan produser musik elektronik sebenernya. Kami currative ya, tapi currative-nya enggak dari send material, tapi teman ketemu teman," kata Founder Uprising, Rene dalam wawancara di The Foundry 8, kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Rene mengatakan, Uprising sudah berdiri selama hampir satu tahun, tepatnya pada tanggal 28 Mei 2016. Namun ide untuk membentuk komunitas dan mengumpulkan pemusik dan produsek EDM sudah tercetus sejak 2013 silam.

"Melalui wadah bernama Uprising ini, kami sudah merilis album kompilasi yang terdiri dari 41 lagu, yang pasti musik electronic semua," ujar Rene.

Melihat potensi pasar di Indonesia yang sedang bergairah dengan EDM, Uprising pun turut mengembangkan kreatifitas agar tak melulu berkutat di jalur EDM. Salah satunya dengan menggarap tema lagu untuk film ataupun jingle iklan.

"Mau bikin satu movement yang lebih luas lagi, which is ada band, ada EDM juga. Jadi EDM masuk ke salah satu segmen. Para produser ini, ke sininya juga bisa bikin materi band sebenarnya atau band elektronik," tandasnya. [adc]

Tags

 
x