Find and Follow Us

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 06:09 WIB

"Surau dan Silek" Potret Kearifan Budaya Minang

Oleh : Aris Danu | Rabu, 26 April 2017 | 16:54 WIB
(Foto: Istimewa)

INILAH.COM, Jakarta-Sebuah film drama berjudul Surau dan Silek siap menghiasi bioskop Indonesia akhir bulan ini. Film karya sutradara Arief Malinmundo itu mengangkat tentang kearian lokal budaya Minang, Sumatera Barat.

Menurut Arief film, dirinya merasa tertarik untuk mengangkat kisah Surau dan Silek ke dalam layar lebar mengingat dua hal itu sudah mulai ditinggalkan generasi muda.

"Surau itu fondasi dan silek adalah salah satu unsur di dalamnya. Film ini juga sebagai pengingat masa kecil saya dan berbicara melalui anak-anak ini saya harap akan bisa lebih menyentuh," kata Arief di Epicentrum, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (25/4/2017).

Arif menambahkan, film ini memberikan banyak pesan moral mengenai budaya Minang, salah satunya kebiasaan berkumpul di surau. Sebab interaksi sosial banyak terjadi di surau. Usai menunaikan ibadah shalat Maghrib biasanya masyarakat Minang berkumpul di surau membahas beragam isu. Sayangnya, hal itu sudah mulai terkikis modernisasi.

"Banyak pesan yang ingin disampaikan tapi kemudian disederhanakan dalam film ini biar bisa ditangkap penonton," paparnya.

Selain surau, film ini juga mengangkat silek atau silat yang merupakan seni bela diri khas Minang. Filosofi utama yang dibawa silek adalah setiap ilmu bela diri harus dibarengi dengan iman yang kuat agar tak disalahgunakan.

"Di film ini silek dalam arti pencarian makna," ujar Arif.

Salah satu pemeran dalam film produksi Mahakarya Pictures ini adalah aktor sekaligus pembawa acara Gilang Dirga. Menurut Gilang pesan moral yang disampaikan dalam film ini sangat positif.

"Ini bukan film aksi atau laga di dalamnya mereka menemukan jati diri. Cerita ini mengingatkan bahwa silat ini kalau enggak dibarengin iman bikin mereka akan semakin galau," kata Gilang.

Selain Gilang Dirga, film Surau dan Silek juga menampilkan talenta-talenta baru, seperti Muhammad Razi, Bintang Khairafi, Bima Jousant, Randu Arini dan F Barry Cheln. Sementara aktor dan aktris kenamaan yang terlibat dalam film ini adalah Dewi Irawan, Komo Ricky, Yusril Katil, Praz Teguh, dan Dato A Tamimi. Surau dan Silek dijadwalkan tayang di bioskop Indonesia mulai 27 April 2017. [adc]

Komentar

Embed Widget
x