Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 April 2017 | 11:43 WIB

Kolintang Kawanua Jakarta Konser Perayaan HUT ke-7

Oleh : Aris Danu | Sabtu, 18 Maret 2017 | 18:30 WIB
Kolintang Kawanua Jakarta Konser Perayaan HUT ke-7
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta-Kolintang Kawanua Jakarta (K2J), sebuah grup musik etnik Sulawesi Selatan menggelar perayaan ulang tahun ke-7 pada, Jumat (17/3/2017) melalui konser tunggal di Usmar Ismail Hall, Kuningan, Jakarta Selatan.

Konser tersebut merupakan ajang sekaligus semangat untuk membangkitkan kembali kesenian kolintang kepada generasi muda, khususnya yang berasal dari Sulawesi Selatan.

"Konser ini untuk mengapresiasi pemusik muda Sulawesi Utara yang tergabung di K2J, mereka telah melanglang buana ke luar negeri memperkenalkan dan melestarikan kekayaan musik Indonesia," kata Ketua Umum K2J Irayita Mawardi Mamoto di Usmar Ismail Hall, Kuningan, Jakarta Selatan pada Jumat (17/3/2017).

K2J telah sukses membuktikan bahwa musik kolintang menjadi sarana untuk melestarikan budaya sekaligus mengenalkan seni budaya Indonesia ke mancanegara.

"Kemampuan mereka berimprovisasi dan berkreasi patut kita apresiasi demi mengangkat nama Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, tokoh budaya Sulawesi Utara Benny J Momoto mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh K2J tersebut. Peran serta K2J di pentas mancanegara menurut Benny merupakan sebuah prestasi yang membanggakan.

"Bagi saya kemampuan mereka membuktikan alat musik tradisional bisa menyajikan beragam jenis lagu adalah prestasi sendiri," katanya.

Dalam konser tersebut, K2J hadir dengan formasi penuh. Yakni berisi, Ina Esa (Melodi 1) Ferdinand Soputan, Wangko (Melodi 2) Mario Marentek, Karua (Gitar 1) Frengky Kaseger, Karua-rua (Gitar 2 ) Andre Kolompoy, Uner (Banjou) Randy Pinontoan, Cella (Cello) Berry Marentek, dan Loway (Bass) Reffly Pinontoan.

Konser K2J yang berlangsung selama dua jam itu menampilkan aksi yang memukau para penonton. Mereka membawakan sejumlah hits dari manca negara seperti lagu After Dawn dan Fur Elise. Ratusan penonton dibuat terpukau oleh aksi K2J.

Kolintang Kawanua Jakarta alias K2J terbentuk pada 17 Maret 2010. Grup ini didirikan Ibu Iyarita W Mawardi yang merupakan seorang pecinta seni, khususnya musik Kolintang. Dalam perjalanannya, K2J telah melanglang buana ke berbagai kota dan negara. Mereka pernah tampil di Australia, Belanda, Jerman, Prancis, Swiss, Shanghai, dan lainnya. Pada bulan Mei mendatang K2J juga diundang untuk mengisi acara di Belanda dan Jerman. [adc]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x