Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Agustus 2017 | 05:21 WIB

Novel "Angan Senja dan Senyum Pagi"

Lukisan Leonid Afremov Hiasi Novel Fahd Pahdepie

Oleh : Aris Danu | Minggu, 12 Februari 2017 | 22:10 WIB
Lukisan Leonid Afremov Hiasi Novel Fahd Pahdepie
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta-Penulis novel Fahd Pahdepie kembali merilis novel anyar berjudul "Angan Senja dan Senyum Pagi". Novel ini digarap dengan pendekatan berbeda sehingga proses penggarapannya cukup kompleks.

"Novel ini paling menguras tenaga dan emosi. Tapi yang paling seru adalah proses pra-cetaknya," kata Fahd melalui keterangan tertulis, Minggu (12/2/2017).

Proses pra-cetak cover novel tersebut sudah berganti dua kali. Pertama adalah sampul yang dibuat sendiri oleh penulis novel "Rumah Tanga" dan "Jodoh dan Hidup Berawal Dari Mimpi". Meski banyak yang suka, namun menurut Falcon Publishing selaku penerbit, gambar sampul tersebut belum mewakili cerita yang ada di dalam novel.

"Penjelasan dari Falcon Publishing, cover harus mewakili bukunya secara visual. Gambar seharusnya mewakili 1.000 kata. Pihak Falcon Publishing merasa cerita didalamnya jauh lebih indah dari gambarnya. Untuk itulah kami sepakat untuk mencari cover baru," terang Fahd.

Selanjutnya, lanjut Fahd, pihak penerbit setuju jika gambar sampul dibuat oleh ilustrator. Namun cover tersebut ternyata diketahui adalah lukisan berjudul "Rainy Night" karya karya pelukis impressionisme modern terkenal asal Belarus yang tinggal di Amerika, bernama Leonid Afremov.

"Mengetahui hal itu terus terang saya dan Falcon Publishing kecewa. Meski sudah terlalu banyak yang suka dan lukisannya mewakili cerita di novel, kami sepakat untuk mencari gantinya yang lebih bagus," papar Fahd.

Namun Fahd merasa beruntung, sebab setelah ia menghubungi Leonid via surat elektronik ternyata si empunya lukisan tersebut mengizinkan karyanya menjadi gambar sampul.

"Rupanya Ttuhan sedang membuat rencana indah. Sesuatu yang saya kira musibah ternyata sebuah berkah luar biasa. Email saya dibalas pihak Leonid dan mereka mengizinkan saya untuk menggunakan lukisannya untuk novel Angan Senja dan Senyum Pagi," katanya.

Saat ini proses novel Angan Senja dan Senyum Pagi pun sudah masuk proses cetak. Sedangkan untuk pre-order novel ini baru dibuka pada pertengahan bulan Februari 2017.

"Mungkin ini adalah novel pertama di Indonesia, yang covernya diisi lukisan karya pelukis impresionis modern kelas internasional," tambah Fahd. [adc]

 
x