Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 Juli 2017 | 21:34 WIB

Inilah Cara Musisi Peduli Pelestarian Lingkungan

Oleh : Aris Danu | Kamis, 19 Januari 2017 | 21:35 WIB
Inilah Cara Musisi Peduli Pelestarian Lingkungan
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta-Sejumlah musisi yang tergabung dalam program Musika Foresta menciptakan lagu bertemakan pelestarian hutan. Hal ini merupakan upaya musisi dalam turut menjaga dan melestarikan lingkungan.

Program Musika Foresta merupakan bagian dari gerakan Hutan itu Indonesia. Gerakan ini terbuka bagi siapapun yang ingin menumbuhkan kecintaan terhadap hutan Indonesia, salah satunya adalah para seniman musik yang terdiri dari Glenn Fredly, Eva Celia, Astrid, Arlan, Achi Hardjakusumah, Melanie Subono, dan Alam Urbach.

"Jadi menurut gue, daripada ceramah-ceramah dan enggak didengar gerakan ini bisa jadi cara efektif," kata Melanie Subono saat dijumpai di restoran Almond Zuchini, kawasan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (19/1/2017).

Sementara itu menurut Astrid, kebakaran hutan di Indonesia sangat memprihatinkan. Hal itu menggugahnya untuk turut serta dan peduli terhadap gerakan ini.

"Kebakaran hutan kebanyakan menjadi sesuatu yang menyedihkan, kenapa kok orang semena-mena sama hutan. Kalau hutannya punah dan habis kan sedih," ujar Astrid.

Dalam kegiatan ini, nantinya Glenn, Astrid dan Eva menjelajah sejumlah hutan selama tiga hari. Mereka akan mengeksplorasi sejumlah hutan tropis dan berkomunikasi langsung dengan penduduk sekitar.

Kemudian, sepulang menjelajah hutan barulah mereka menulis lirik lagu. Selanjutnya, sejumlah lagu tersebut akan dikompilasi oleh musisi sekaligus komposer Alam Urbach, dan rencananya akan rilis bertepatan dengan Hari Hutan Indonesia.

Semua musisi yang terlibat dalam kegiatan ini bersifat sukarela.

"Kita sudah bilang ke mereka, proyek ini minim biaya. Tapi Mereka bersedia ikut secara sukarela," ujar Riry Silalahi, salah satu pendiri sekaligus Koordinator Musika Foresta. [adc]

 
x